Sukses

Kenali Perbedaan Gejala DBD dan COVID-19 serta Kapan Harus ke RS

Dokter ahli infeksi dan pediatri tropik Mulya Rahma Karyanti menerangkan perbedaan gejala COVID-19 dan demam berdarah dengue (DBD) serta kapan harus ke rumah sakit.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis anak ahli infeksi dan pediatri tropik Mulya Rahma Karyanti menerangkan perbedaan gejala COVID-19 dan demam berdarah dengue (DBD).

“Kalau demam tinggi sampai 39 atau 40 (derajat Celsius) dan dua tiga hari tidak membaik, segera ke rumah sakit,” ujar Mulya dalam konferensi pers BNPB, Senin (22/6/2020).

Menurutnya, gejala batuk pada DBD dapat terjadi namun dengan persentase yang kecil, sekitar 10 hingga 15 persen. Namun, gejala tidak disertai sesak atau distress seperti COVID-19 yang memengaruhi saluran pernapasan atas.

“DBD lebih ke demam dan pendarahan kulit yang harus diwaspadai, pendarahan pada apapun seperti mimisan, gusi berdarah, memar itu harus diwaspadai.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usia Rentan DBD

Mulya menambahkan, penyakit DBD rentan bagi semua kelompok umur. Tidak seperti COVID-19 yang lebih condong pada lanjut usia dibanding kelompok usia muda.

“Tapi saat ini trennya banyak ke arah remaja, banyak sekali remaja yang datang dalam fase kritis. Remaja biasanya kalau mengalami muntah saat minum, pada akhirnya mereka jadi tidak mau minum, hal ini malah menyebabkan dehidrasi, lemas, tidur seharian.”

“Apalagi yang ngekos sendirian, tidak ada yang mengingatkan, itu biasanya yang kita takutkan terjadi pada anak-anak remaja sekarang.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demam berdarah dengue atau disingkat DBD, atau disebut juga demam dengue/demam berdarah, adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    DBD

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Ada beberapa gejala yang timbul jika terjangkit Demam Berdarah Dengue, yang ditularkan dari beberapa jenis nyamuk.

    Gejala Dbd

  • demam berdarah