Sukses

Anak Sekolah di Rumah, Orangtua Harus Dampingi

Pembelajaran jarak jauh dengan sekolah di rumah selama masa pandemi anak perlu didampingi dan dibimbing orangtua.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua punya peran penting selama anak sekolah di rumah di masa pandemi COVID-19. Diantaranya orangtua perlu membimbing serta mendampingi anak belajar seperti disampaikan Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti

"Seperti halnya homeschooling, maka peran utama (orangtua) adalah yang utama," kata Retno seperti dikutip dari Antara, Jumat (12/6/2020).

Dalam program pembelajaran jarak jauh, mau tidak mau orangtua menggantikan sebagian peran guru. Setelah proses belajar daring selesai, orangtua kata Retno mengambil alih tugas guru yakni dengan membimbing dan mendampingi anak belajar dan mengerjakan tugas dari guru di rumah.

"Jadi tugas yang membimbing, yang memfasilitasi, menemani yang selama ini dilakukan guru, itu pindah ke orang tua sebenarnya," kata Retno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orangtua Jangan Stres

Meski begitu, orangtua juga jangan stres selama mendampingi anak belajar di rumah. Orangtua tak perlu memaksakan diri bisa menguasai semua pelajaran seperti disampaikan psikolog, Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

"Kebanyakan orang tua merasa terbebani karena harus menjadi guru, tidak perlu memaksakan diri. Bekerja samalah dengan guru anak jika kesulitan. Komunikasikan pada sekolah jika ada tugas yang memberatkan," kata Vera masih mengutip dari Antara.

Bila ada kesulitan, Vera menyarankan untuk mengokomunikasikan dengan guru sang anak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.