Sukses

Pemprov Jabar Perketat Pengawasan dengan Mobile COVID-19 Test

Pengetesan masif secara intens dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) untuk membatasi ruang gerak SARS-CoV-2, dan melakukan penyekatan sehingga penularan COVID-19 dapat dikendalikan.

Liputan6.com, Bandung - Pengetesan masif secara intens dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) untuk membatasi ruang gerak SARS-CoV-2, dan melakukan penyekatan sehingga penularan COVID-19 dapat dikendalikan. Terutama, saat penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal.

Menurut Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian Massal, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Siska Gerfianti, pengetesan masif akan memobilisasi ambulans Puskesmas Keliling (Pusling) di 27 kabupaten dan kota, yang jumlahnya mencapai 627, sebagai Mobile COVID-19 Test.

"Setiap kecamatan akan punya Mobile COVID-19 Test. Jadi, kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota agar Puskesmas Keliling yang ada di satu kecamatan menjadi Mobile COVID-19 Test," kata Siska dalan keterangan resminya ditulis Bandung, Minggu, 31 Mei 2020.

Siska menuturkan mobile COVID-19 Test akan dilengkapi dengan 100 alat rapid test. Pengetesan pun diprioritaskan di kerumunan-kerumunan. Dia menerangkan, peningkatan kewaspadaan dengan melakukan pengetesan masif via Mobile COVID-19 Test dapat menekan potensi persebaran COVID-19 yang membahayakan warga.

"Kegiatan ekonomi sudah mulai dibuka, tapi kami tetap memberikan pengawasan dan pelacakan. Masalahnya kerumunan adalah sumber penularan. Maka, Mobile COVID-19 Test ini menjadi pertahanan untuk tetap mengawasi kerumunan-kerumunan, sehingga tidak akan menjadi sumber penularan," ucap Siska.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skema Mikro Penanganan COVID-19

Selain itu Siska mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar sedang menyiapkan skema penanganan COVID-19 berskala mikro atau tingkat kelurahan dan desa, supaya pengendalian, pelacakan, dan pengawasan COVID-19 berjalan kian optimal.

"Untuk karantina mikro ini Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tetap berjalan, tetapi kami fokus untuk melokalisir pasien yang positif ini beserta kontak tracingnya. Dan kita lokalisir di tingkat satuan terkecil, yaitu desa atau kelurahan," ucapnya.

Siska melaporkan, pihaknya mencatat sebanyak 267 desa dan kelurahan di Jabar memiliki pasien positif. Dari jumlah itu, kata ia, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar mencatat ada sekitar 54 desa kritis dengan catatan kasus positif COVID-19 lebih dari enam pasien per desa.

"Kami berharap, mudah-mudahan dengan persempitan, dilokairis, dan di karantina mikro, rantai penyebaran COVID-19 dapat diputus," ujar Siska.

3 dari 3 halaman

Mobile Test COVID-19 Jangkau Titik Kerumunan

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi menjelaskan, Mobile COVID-19 Test dapat menjangkau titik-titik kerumunan dengan cepat. Pratiwi mencontohkan pelaksanaan tes masif dengan Mobile COVID-19 Test pada Minggu (31/5/20), yang mana otoritasnya dapat menggelar tes di tiga tempat sekaligus, yakni Pasar Atas untuk pedagang dan penjual, depan RSUD Cibabat untuk pengemudi ojek online, dan salah satu supermarket.

“Untuk hari-hari berikutnya kita akan lihat lagi, tapi yang penting spot-spot keramaian itulah titik point yang akan kita laksanakan mobile rapid ini,” kata Pratiwi. 

Sedangkan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Cimahi Maria Fitriana berharap keberadaan Mobile COVID-19 Test dapat memetakan persebaran COVID-19 dan mendeteksi keberadaan virus.

Karena kata Maria, kadang-kadang masyarakat tidak berani datang untuk memeriksakan diri secara langsung.

“Tapi, kalau kita kejar bola, ini yang kita harapkan. Tentunya, semua masyarakat yang selama ini tidak berani untuk datang ke tempat-tempat pemeriksaan, seperti test ini, mereka bisa langsung on the spot pemeriksaannya,” jelas Maria.

Namun kata Maria, sebelumnya pun Kota Cimahi telah melakukan rapid test pada 3.000 orang warga Cimahi. Dan baru-baru ini telah melaksanakan sekitar 150 rapid test bagi pedagang Pasar Antri di Pendopo Cimahi.

Kemudian beberapa waktu lalu pernah dilakukan tes cepat COVID-19 untuk Ojol (Ojek Online) dan hasilnya semua negatif. Maka menurut Maria, Pemda Kota Cimahi kan terus berupaya memutus rantai COVID-19 bersama-sama Pemprov Jawa Barat. Salah satunya dengan menyasar kerumunan-kerumunan seperti di pasar-pasar, diberbagai keramaian dan di beberapa titik-titik kumpul keramaian. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.