Sukses

Prediksi Ketua Tim Pakar Gugus Tugas: Vaksin COVID-19 Kemungkinan Ada Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito memprediksi vaksin untuk pencegahan infeksi virus corona SARS-CoV-2 akan ditemukan tahun depan.

"Kalau untuk penemuan vaksin kemungkinan paling cepat mungkin tahun depan," kata Wiku dalam siaran konferensi persnya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta pada Selasa (12/5/2020).

Wiku mengatakan secara sosial masyarakat akan mengalami adaptasi dengan perubahan yang akan terjadi seperti menjaga jarak atau kontak fisik dengan orang lain, menghindari kerumunan, hingga melakukan kegiatan dari rumah.

"Transformasi ini adalah untuk menata kehidupan dan perilaku baru ketika pandemi yang kemudian akan dibawa terus ke depannya sampai ditemukannya vaksin untuk COVID-19," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Harus Legawa

Wiku menambahkan, untuk optimistis agar bisa tetap beraktivitas kuncinya adalah perubahan perilaku.

"Kalau kita bisa tetap menjaga jarak dengan baik dan disiplin kolektif secara nasional. Kita bisa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dengan baik dan menggunakan masker serta meningkatkan imunitas, itulah optimismenya kita untuk bisa beraktivitas selama itu bisa dilakukan dengan disiplin," ujarnya.

Menurutnya, selama protokol kesehatan bisa dijalankan dengan baik, maka ada harapan bagi masyarakat untuk bisa beraktivitas kembali normal.

"Memang kita secara prinsip harus legawa, harus menerima bahwa memang sekarang ini kita harus hidup dengan virus ini dan semoga semuanya di dunia cepat bisa mendapatkan vaksinnya sehingga kita bisa menangani atau mengalahkan virus ini kalau ketemu vaksinnya," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini