Sukses

Ingin Pantai-Pantai California Kembali Dibuka, Sekitar 3.000 Warga Berunjuk Rasa

Sekitar 3.000 pendemo memenuhi Huntington Beach, California untuk memprotes kebijakan penutupan pantai karena COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 3.000 pendemo memenuhi Huntington Beach, California untuk memprotes kebijakan penutupan pantai karena COVID-19.

Para pengunjuk rasa berkerumun dan kebanyakan tidak mengenakan masker. Padahal,  Gubernur Gavin Newsom memberi kebijakan untuk menutup semua pantai guna memperlambat penyebaran virus corona.

Mandat Newsom dengan cepat memicu reaksi dari pejabat pemerintah setempat di Huntington Beach dan tempat lain di pantai Orange County, yang pekan lalu telah membuka pantai hanya untuk melihat gubernur menutupnya lagi.

Seorang warga Huntington Beach, Mike Murray mengecam gubernur dan laporan sebelumnya yang mengatakan bahwa 40.000 orang telah memadati pantai akhir pekan lalu.

"Saya tidak melihat 40.000 orang di sana," kata Murray kepada Los Angeles Times seperti dikutip New York Post.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkait May Day

Protes hari Jumat (1/5/2020) itu juga dipenuhi orang-orang yang membawa spanduk bertuliskan, "Semua Pekerjaan sangat penting" dan "Ingat Gavin Newsom."

Beberapa pemrotes mengenakan masker tetapi sebagian besar mengabaikan pedoman jarak sosial.

Kantor Sheriff Orange County mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak berencana untuk melakukan penangkapan di pantai setempat.

"Selama mereka melakukan pembatasan sosial dan melakukan apa yang mereka harapkan, sheriff tidak berminat mengkriminalisasi orang yang menikmati pantai," kata juru bicara sheriff Carrie Braun.

Jumlah kasus yang dikonfirmasi di Orange County meningkat menjadi lebih dari 2.500 pada hari Jumat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.