Sukses

Tips Obati Jerawat di Tubuh, Tak Jauh Berbeda dengan Wajah

Jerawat tak hanya tumbuh di wajah, bagian tubuh lain pun bisa berjerawat.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat tak hanya tumbuh di wajah, bagian tubuh lain pun bisa berjerawat. Lantas, bagaimana mengobati tubuh yang berjerawat?

Dr. Tiffany Libby, seorang ahli dermatologi kosmetik di New York City dan ahli bedah dan asisten Mohs profesor dermatologi di Brown Medical School, mengatakan, seperti halnya jerawat di wajah, ada banyak pemicu stres yang dapat menimbulkan jerawat pada tubuh.

"Jerawat dapat terjadi di bagian tubuh mana saja yang memiliki folikel rambut. Secara umum, faktor utama penyebab jerawat adalah pori-pori yang tersumbat, peningkatan produksi minyak atau sebum, peradangan, dan adanya bakteri. Stres, polusi, kebiasaan pembersihan yang buruk, pola makan (khususnya makanan dan produk susu dengan indeks glikemik tinggi), dan perubahan hormon juga dapat menyebabkan jerawat," kata Libby seperti dikutip Coveteur.

Sedangkan pada bagian tubuh lain, jerawat bisa muncul akibat keringat, kotoran, minyak, dan gesekan di area tersebut.

Jad,i apa lagi yang bisa kita lakukan untuk mencegah jerawat sebelum dimulai?

"Saya sering merekomendasikan menggunakan benzoil peroksida atau pencuci asam salisilat yang sama yang Anda gunakan pada wajah Anda juga pada tubuh, dada, lengan, di mana Anda juga mungkin mengalami jerawat," kata Libby.

Libby juga menyarankan menggunakan eksfoliator seperti AHA dan BHA di area tubuh. Apalagi kulit pada tubuh lebih tebal dan sedikit lebih tangguh ketimbang di wajah.

"Ini berarti apabila ada produk yang bagus untuk jerawat di wajah Anda, itu mungkin akan bekerja di area-area tubuh Anda yang rentan terhadap berjerawat," ujar Libby.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merawat Bagian Tubuh Lain Seperti Wajah

Dr. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, menjelaskan pada wajah, orang biasanya melakukan rutinitas multilangkah, tapi jarang melihat orang yang menggunakan produk perawatan tubuhnya. Padahal, perawatan tubuh sama pentingnya dengan merawat wajah.

"Produk yang salah dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi dan memperburuk kondisi seperti jerawat. Untungnya, menggunakan lotion ringan dan tidak berminyak setelah Anda mandi pdapat membantu mencegah kekeringan yang tidak perlu yang dapat menyebabkan berjerawat," ujar Zeichner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.