Sukses

Gugus Tugas COVID-19 Terima Jutaan Masker hingga Ribuan APD

Gugus Tugas COVID-19 menerima jutaan masker hingga ribuan APD dari berbagai pihak.

Liputan6.com, Jakarta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menerima bantuan berupa masker, alat pelindung diri (APD), rapid test, peralatan medis hingga asupan nutrisi.

Hingga Rabu (8/4/2020) terdapat lebih dari 620 ribu APD, masker bedah lebih dari 13 juta, masker N95 lebih dari 180 ribu, dan alat rapid test lebih dari 650 ribu.

"Gugus Tugas COVID-19 menerima bantuan peralatan medis, alat semprot, serta akses internet dari multipihak," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo, ditulis Kamis (9/4/2020).

"Bantuan ini nanti didistribusikan ke wilayah-wilayah yang telah mengajukan permohonan dukungan, khususnya APD."

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Gugus Tugas COVID-19 mengidentifikasi pihak pemberi bantuan antara lain Oblik, J&T, OPPO, PT Astra, Sinar Mas, Mitshubishi, PT Chosen Abadi, PT Serena Indopangan, PT Mayora Indah dan Yayasan Buddha Tzu Chi.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donasi dan Relawan

Data per 1 April 2020, Desk Relawan mencatat 118 organisasi non pemerintah, Badan PBB dan perguruan tinggi melakukan berbagai aktivitas untuk mendukung penanganan COVID-19.

Ada juga 162 lembaga usaha berkontribusi untuk memberikan donasi, dukungan koordinasi, layanan kesehatan, bantuan logistik hingga rekrutmen relawan untuk pelayanan medis.

"Gugus Tugas sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas bantuan dan dukungan terhadap penanganan pandemi COVID-19. Bencana non alam ini merupakan urusan bersama," Agus melanjutkan.

Dari sisi masyarakat, kita semua diharapkan disiplin untuk mengikuti imbauan pemerintah, seperti rajin mencuci tangan, berdiam di rumah, maupun mengikuti protokol atau panduan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Upaya disiplin tidak hanya untuk melindungi diri, tetapi juga melindungi sesama dari penularan virus Corona.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.