Sukses

Benarkah Akibat Sering Berhubungan Seks Dengkul Bisa Kopong?

dr. Asep Santoso, Sp.OT mengatakan mungkin yang dimaksud 'dengkul kopong' ini adalah penyakit peradangan sendi (arthritis) atau pengapuran, yang banyak ditemui dalam masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar istilah sering melakukan hubungan seks bisa mempengaruhi tulang? Banyak yang beranggapan dengkul akan kopong atau keropos pada tulang tertentu. Hal itu bisa benar atau tidak?

Melihat anggapan itu, Nicolaas C. Budhiparama, MD.,PhD dan dr. Asep Santoso, Sp.OT (K), mengatakan mungkin yang dimaksud 'dengkul kopong' ini adalah penyakit peradangan sendi (arthritis) atau pengapuran, yang banyak ditemui dalam masyarakat.

Penyakit peradangan sendi ini bisa berupa penuaan (osteoarthritis) ataupun jenis peradangan sendi lainnya (inflammatory arthritis) yang disebabkan penyakit autoimun.

“Hingga saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hubungan antara hubungan seksual dengan terjadinya peradangan sendi. Jadi sepertinya pernyataan di atas hanyalah mitos belaka,” ujar Nicolaas C. Budhiparama, MD.,PhD.

Mengenai hal itu, dr. Asep Santoso melanjutkan bahwa pengaruh hubungan seksual pada sendi yang memang sudah mengalami peradangan, dan bagaimana sebaiknya hubungan seksual dapat dilakukan secara aman pada orang-orang tersebut.

Efek sendi yang mengalami peradangan

Penelitian menyebutkan bahwa saat hubungan seksual dan orgasme tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin, yang merupakan “natural pain-killing hormone” atau hormon yang berfungsi meredakan nyeri dari dalam tubuh.

“Jadi, pada sebagian orang yang sudah mempunyai peradangan sendi, aktivitas seksual bisa saja memberikan efek berkurangnya gejala nyeri sendi,” ujar dr. Asep Santoso.

Selain itu, aktivitas seksual juga sebenarnya merupakan bagian dari kegiatan latihan gerakan sendi (gentle joint motion exercise), yang dapat mengurangi gejala nyeri sendi dengan mekanisme sebagai berikut:

-       Menurunkan peradangan sendi

-       Mempertahankan kelenturan kapsul sendi

-       Memacu aliran darah ke tulang rawan sendi (cartilage), yang akan menjaganya tetap sehat dan awet

-       Memperkuat otot di sekitar sendi yang akan membantu memperkuat sendi

Ia melanjutkan, meskipun memberikan berbagai keuntungan terhadap sendi, perlu disadari bahwa apabila peradangan sendi sudah termasuk kategori berat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan aktivitas hubungan seksual agar tidak timbul sakit yang semakin parah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips berhubungan seks

Tips berhubungan seks

Dr. Asep Santoso mengatakan bahwa hubungan seksual sebaiknya dijadwalkan. Lalu, lakukan pemanasan aktivitas fisik ringan gerakan sendi sebelum berhubungan seksual.

“Mandi air hangat sebelum berhubungan seksual. Selain itu, komunikasi atau diskusi dengan pasangan, sebelum dan selama hubungan seksual,” imbuh dr. Asep Santoso.

Terakhir, pilih posisi aktivitas seksual yang tidak menimbulkan nyeri sendi dan Minum obat pereda nyeri.

Artikel ini bekerjasama dengan Nicolaas C. Budhiparama, MD.,PhD dari Nicolaas Institute of Constructive Orthopedic Research & Education Foundation for Arthoplasty & Sports Medicine 

Untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.