Sukses

Cegah Meluasnya Wabah COVID-19, Pembatasan Sosial Berskala Besar Ditetapkan

Pembatasan Sosial Berskala Besar ditetapkan Menteri Kesehatan dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menetapkan COVID-19 sebagai penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedararutan kesehatan masyarakat.

Guna mengatasi dampak wabah tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi memutuskan di dalam rapat kabinet bahwa opsi yang dipilih adalah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Sesuai undang-undang, lanjut Jokowi, PSBB Corona ini ditetapkan Menteri Kesehatan yang berkoordinasi dengan kepala Gugus Tugas dan kepala daerah di seluruh Indonesia.

"Dasar hukumnya adalah undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan. Pemerintah juga sudah menerbitkan peraturan pemerintah tentang pembatasan sosial berskala besar dan Kepres penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat untuk melaksanakan amanat undang-undang tersebut," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, dengan terbitnya PP ini semuanya menjadi jelas bahwa seluruh kepala daerah diminta tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi. "Semua kebijakan di daerah harus sesuai dengan peraturan yang berada dalam koridor tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Polri juga dapat mengambil langkah-langkah tindakan hukum yang terukur sesuai undang-undang agar PSBB Corona dapat berlaku secara efektif, sehingga dapat mencegah meluasnya wabah COVID-19.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini