Sukses

2 Orang di Indonesia Positif Corona, Menkes Terawan Lakukan Penelusuran Kontak Dekat

Menkes mengatakan pemerintah sudah melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang berkontak dekat dengan dua pasien corona di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa mereka tengah melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang berkontak langsung dengan dua orang yang positif corona di Indonesia.

"Penelusurannya sudah dilakukan, jadi kita begitu dengar berita kita langsung lakukan penelusuran dan kemudian kita langsung lakukan pemisahan karena kan ini kontak langsung," kata Terawan dalam konferensi persnya di Jakarta pada Senin (2/3/2020).

Terawan mengatakan bahwa penelusuran hanya dilakukan pada mereka yang benar-benar berkontak dekat saja.

"Tidak semua orang yang dilewati dia, kemudian berkontak," kata Terawan menjelaskan.

Selain itu, Terawan juga mengatakan bahwa penelusuran juga sudah dilakukan pada orang-orang yang terkonfirmasi positif corona dan sempat transit di Indonesia, termasuk pasien yang sempat transit dengan maskapai Emirates.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Sebut 2 Orang Positif Virus Corona di Indonesia

Dua orang di Indonesia dikonfirmasi positif terkena virus corona COVID-19. Temuan ini dinyatakan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Dalam konferensi persnya, Jokowi pekan lalu, mendapatkan informasi tentang adanya warga negara Jepang yang ke Indonesia sebelum pergi ke Malaysia. Ketika dicek di sana, dia dikonfirmasi positif COVID-19. Pemerintah RI segera menelusuri kontak orang tersebut di Indonesia.

"Orang Jepang ini, ke Indonesia bertamu ke siapa, bertamu dengan siapa, ditelusuri dan ketemu. Ditemukan, ternyata orang yang telah terkena virus corona ini berhubungan dengan dua orang," kata Jokowi.

Keduanya adalah ibu berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31. Keduanya dikabarkan mengalami sakit.

"Tadi pagi saya mendapatkan laporan dari pak Menteri Kesehatan bahwa ibu ini dan putrinya, positif corona," kata Jokowi. Terawan mengatakan, kedua pasien tengah dirawat dan dinyatakan berada dalam kondisi baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.