Sukses

Antisipasi Virus Corona, Semua RSUD Utama di Jabar Jadi Rujukan

Liputan6.com, Jakarta Sebagai langkah antisipasi masuknya virus corona di Jawa Barat, Gubenur Ridwan Kamil mengatakan bahwa pintu-pintu masuk Jawa Barat sudah disiaga-satukan. Minimal dengan menyediakan pistol suhu.

Begitu juga semua puskesmas dan rumah sakit, menurut Emil semuanya sudah siaga satu.

"Dan diharapkan semuanya lebih proaktif melaporkan jika ada batuk-batuk dan gejala demam. Walaupun yang kemarin itu sifatnya suspek, tetap kita harus waspada," kata Ridwan Kamil saat mendampingi Presiden Joko Widodo mengunjungi Puskesmas Cimahi Selatan, Cimahi, Jawa Barat pada Rabu, 29 Januari 2020.

Meskipun dua orang pasien yang tempo hari dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, dinyatakan negatif Virus Corona, tapi Ridwan Kamil mengatakan memiliki gejala yang mirip.

"Koordinasi antar instansi kita siaga satukan," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Rumah Sakit disiapkan

Lebih lanjut, rumah sakit rujukan pun sudah disiapkan jika ada pasien yang dirawat karena wabah yang mirip Virus Corona.

"Tiap RSUD utama jadi rujukan di tiap kota. Tapi utamanya di Hasan Sadikin," kata Emil.

Meskipun belum ada lagi yang ditemukan seperti dua orang pasien sebelumnya, Ridwan Kamil tetap mengimbau agar selalu waspada dan mengurangi pergerakan ke luar negeri untuk sementara ini.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Virus Corona di Kapal Diamond Princess, 4 WNI Terpapar, 74 Negatif
Artikel Selanjutnya
Hadapi Virus Corona, Masyarakat Diminta Lebih Rasional Gunakan Masker