Sukses

Asal Muasal Virus Corona Baru, Kenali 5 Sisi Lain dari Kota Wuhan

Wuhan - Kota Wuhan kini sepi, sunyi, bak kota mati katanya. Virus Corona mematikan lah yang jadi penyebabnya.

Munculnya virus corona diikuti perkembangannya yang sangat pesat telah membuat 132 jiwa kehilangan nyawanya. Belum lagi lebih dari 6.000 kasus lainnya yang telah dikonfirmasi beserta menyebarnya virus tersebut ke banyak negara di dunia.

Kota Wuhan yang terletak di Provinsi Hubei, tempat pertama terdeteksi Virus Corona, merupakan tempat tinggal bagi lebih dari 11 juta orang.

Seperti dikutip dari DW Indonesia, Rabu (29/1/2020), berikut adalah sejumlah fakta Kota Wuhan sebelum terisolasi dan menjelma jadi kota mati seperti saat ini: 

2 dari 6 halaman

1. Hubungan Udara

Kota ini adalah pusat industri dan komersial di kawasan tengah China.

Kota ini juga jadi pusat transportasi. Dalam beberapa tahun belakangan sektor penerbangan berkembang pesat. Sejumlah perusahaan penerbangan menawarkan hingga 332.861 kursi bagi penumpang yang berangkat dari bandar udara internasional Tianhe, bulan Januari 2020. Setahun sebelumnya hanya separuhnya.

Demikian menurut informasi Flightglobal.

3 dari 6 halaman

2. Industri Otomotif

Perekonomian berkembang secara pesat di Wuhan. Di kota itu terdapat lebih dari 80 perusahaan Prancis, antara lain Renult dan Peugeot SA. Demikian keterangan pemerintah lokal di situsnya. 

4 dari 6 halaman

3. Lokasi Strategis

Wuhan adalah lokasi pelabuhan dalam negeri terbesar di China, dan menjadi gerbang menuju bendungan raksasa hidroelektrik, yang disebut Bendungan Tiga Ngarai. Ini adalah proyek pengadaan energi terbesar di dunia, dari segi kapasitas terpasang.

5 dari 6 halaman

4. Menarik Turis

Kota yang berdiri di kawasan seluas sekitar 8.500 km persegi juga mencakup sejumlah bukit dan danau, misalnya danau Tangxun. Kondisi geografi yang menarik ini juga menjadi daya tarik bagi turis. Di Wuhan terdapat replika Istana Neuschwanstein, yang berdiri di Taman Wanguo. Taman itu kini tidak terturus. Sedangkan, Istana Neuschwanstein yang asli berdiri di Jerman.

6 dari 6 halaman

5. Pertemuan Jalur Kereta Api

Tiga stasiun kereta api di Wuhan jadi tempat perhentian dan keberangkatan bagi perjalanan ke Beijing dan kota Guangzhou di China Selatan, antara lain dengan kereta super cepat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kontraktor China dan Kominfo Silang Pendapat di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Artikel Selanjutnya
Presiden Xi Jinping: Wabah Virus Corona Buktikan Pakistan Teman Sejati China