Sukses

Tinja Berwarna Hitam Usai Minum Tablet Tambah Darah, Normalkah?

Tinja berubah warna hitam usai minum tablet tambah darah, normal atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta Setelah minum obat tambah darah, tinja berwarna hitam termasuk normal. Tidak perlu ada kecemasan karena hal tersebut slalah satu efek dari minum tablet tambah darah.

Menurut Country Director Nutrition International (NI) Sri Kusyuniati, ada anggapan kalau tinja warna hitam setelah minum tablet tambah darah tandanya tubuh kita sakit.

"Minum tablet tambah darah kemudian tinja jadi berwarna hitam seringkali dianggap tandanya tubuh malah sakit. Sebenarnya, tidak. Itu normal dan tidak masalah," jelasnya dalam keterangannya di Hotel Bidakara, Jakarta, ditulis Selasa (21/1/2020).

Anggapan di atas perlu diluruskan. Jika tidak, maka akan membuat perempuan anemia enggan minum tablet tambah darah. Apalagi ibu hamil anemia yang tidak minum tablet tambah darah, berat badan bayi bisa lahir rendah.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Mual Muntah

Selain tinja berwarna hitam, efek minum tablet tambah darah dapat membuat mual dan muntah. Oleh karena itu, minum tablet tambah darah bagi ibu hamil juga harus dipantau.

"Harus patuh rutin kapan minum tablet tambah darah. Karena obat itu menimbulkan efek samping, seperti mual sehingga ibu hamil akan sulit buat makan," kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari.

Tablet tambah darah mengandung asam folat dan zat besi, yang termasuk bagian micronutrient (zat gizi mikro). Zat gizi mikro ini mendorong perkembangan sistem saraf janin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.