Sukses

Mantan Istri Sule Punya Sakit Lambung Semasa Hidup, Kenali Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Lina, mantan istri Sule meninggal dunia pada Sabtu, 4 Januari 2020 pagi. Menurut kuasa hukum Lina, Abdurrahcman T. Pratomo, semasa hidup Lina memiliki riwayat penyakit lambung dan darah tinggi.

"Posisinya sih tidak seperti itu ya. Jadi, itu kan yang jelas lambung sama darah tinggi," kata Abdurrachman seperti dikutip Showbiz Liputan6.com.

Lambung merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh manusia yang berperan dalam pencernaan makanan. Dalam mencerna makanan diperlukan asam lambung dalam jumlah normal.

"Namun, ada beberapa penyakit yang bisa timbul akibat produksi asam lambung yang berlebihan," kata dokter Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter dikutip Minggu (5/1/2020).

Penyakit lambung sendiri ada banyak jenisnya. Berikut beberapa diantaranya yang kerap dikeluhkan masyarakat yakni:

1. Gastritis

Gastritis adalah peradangan akut pada mukosa (lapisan) lambung. Gastritis akut dapat dicirikan sebagai gastritis erosive (peradangan pada sel-sel mukosa) dan nonerosive. Sementara itu, gastritis kronis ditentukan oleh histopatologi atau penampakan mukosa pada lambung yang dapat dilihat menggunakan mikroskop.

2 dari 4 halaman

2. Dispepsia

Kondisi ini dikenal sebagai gangguan pencernaan atau gangguan pada lambung dengan ciri khas rasa tidak nyaman, perih, hingga nyeri pada perut bagian atas. Dispepsia bukanlah penyakit, melainkan sekumpulan gejala yang meliputi kembung, mual, dan bersendawa.

3. Gastroparesis

Kondisi ketika otot-otot lambung bergerak secara spontan dan tidak dapat berfungsi secara normal, sehingga mengakibatkan kelumpuhan lambung yang membuat makanan lama dicerna.

4. GERD

Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD), gangguan pencernaan ini dipengaruhi Lower Esophageal Spinchter (LES), yaitu cincin otot antara esofagus dan lambung yang mengakibatkan refluks atau kembalinya isi lambung ke kerongkongan.

Gejala utama dari GERD adalah heartburn atau rasa terbakar di dada, yang bisa menyebar hingga tenggorokan dan mengakibatkan timbulnya rasa asam di mulut, akibat naiknya asam lambung ke dalam mulut.

 

3 dari 4 halaman

5. Tukak Lambung

 

Luka yang terjadi pada lapisan lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung, disebut sebagai tukak lambung. Penyebab tukak lambung biasanya meliputi infeksi bakteri Helicobacter pylori hingga penggunaan obat antiinflamasi non-steroid (OAINS) yang berkepanjangan seperti ibuprofen, aspirin atau diclofenac.

“Gejala dari tukak lambung adalah rasa nyeri atau perih pada perut yang biasanya terjadi pada malam hari atau saat perut kosong. Nyeri juga bisa timbul beberapa saat setelah makan dikarenakan makanan yang dikonsumsi bersentuhan dengan luka,” tutur Ega.

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Fakta Hasil Autopsi Lina Jubaedah hingga Penyelidikan Dihentikan
Artikel Selanjutnya
Pernyataan Lengkap Polisi soal Hasil Autopsi Jasad Lina Jubaedah