Sukses

Studi: Lingkaran Sosial Wanita Pengaruhi Kesuksesan

Liputan6.com, Jakarta Penelitian baru menunjukkan bahwa perempuan dengan lingkaran sosial yang didominasi oleh perempuan lebih cenderung memegang posisi kepemimpinan di kantor.

Meskipun tidur yang cukup dan melatih kemampuan diri dapat membantu seseorang lebih siap di hari kerja, penelitian mengatakan bahwa seseorang yang memiliki lingkaran sosial yang didominasi oleh wanita dapat mengubah keberlangsungan karir yang sesungguhnya. 

Menurut sebuah studi baru-baru ini dalam Prosiding National Academy of Sciences, lebih dari 75 persen wanita yang memiliki pekerjaan berpangkat tinggi di kantor memiliki lingkaran sosial yang didominasi wanita, atau 2 hingga 3 ikatan wanita yang kuat.

Studi ini dipimpin oleh University of Notre Dame dan Northwestern University, serta melibatkan lebih dari 700 mantan mahasiswa pascasarjana, pria dan wanita, yang dihadiri sekolah bisnis peringkat teratas di Amerika Serikat. 

Semua peserta yang telah menerima jenis posisi kepemimpinan, para peneliti mempelajari tiga variabel dari lingkaran sosial masing-masing peserta, yaitu jumlah, jenis kelamin, dan kekuatan setiap ikatan sosial.

2 dari 2 halaman

Hasil

Seperti yang diwartakan dalam laman Health, wanita dengan lingkaran sosial yang lebih besar dan didominasi oleh wanita, 2.5 kali lebih mungkin untuk menempati posisi kepemimpinan, dibandingkan dengan wanita dengan lingkaran sosial yang lebih kecil, atau yang lebih didominasi oleh pria. 

Sementara laki-laki, penelitian menemukan bahwa semakin besar lingkungan sosial mereka, terlepas dari jenis kelaminnya, semakin besar pula kemungkinan mereka memegang posisi peringkat tinggi dalam pekerjaan. Namun, wanita yang memiliki jaringan yang sama dengan rekan pria mereka, lebih cenderung berakhir dengan posisi pangkat yang lebih rendah.

Manfaat utama memiliki lingkaran sosial wanita yang kuat adalah kemampuan untuk berbagi informasi spesifik gender tentang industri, yang tentunya sangat menguntungkan bagi keberlangsungan karir seseorang.

Dokter umum lulusan Bachelor of Medical Science dari University of Melbourne, Nitish Basant Adnani dari KlikDokter mengatakan bahwa teman bisa membantu seorang individu dalam menjalani dan menghadapi tantangan dalam hidup.

Selain, memiliki lingkaran sosial dapat berpengaruh pula untuk tubuh lebih sehat, menghilangkan stres, melawan kanker, terhindar dari usia yang lebih pendek, menurunkan tekanan darah, serta lebih dekat dengan tujuan hidup.

 

 

Penulis: Lorenza Ferary

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Psikiater: Jangan Putus karena Mengira Bakal Dapat Pacar dan Hubungan Lebih Baik
Artikel Selanjutnya
18 Rahasia Pria yang Tak Diketahui Istri