Sukses

Listrik Mati Saat Banjir, Ini Tips Selamatkan ASI Perah

Bagi ibu yang memiliki stok ASI perah di freezer, mati listrik kala banjir seperti saat ini membuat cemas.

Liputan6.com, Jakarta Banjir yang melanda beberapa wilayah di Jakarta, Tangerang, Bekasi membuat PLN memadamkan listrik di sejumlah wilayah. Bagi para ayah ibu yang memiliki bayi, rasa deg-degan muncul kalau listrik mati berkepanjangan mengingat ada ASI perah (ASIP) di freezer.

Hati ibu mana yang tidak sedih ketika mendapati ASIP terpaksa mencair gara-gara listrik mati. Komunitas Ayah ASI berbagi tips menyelamatkan ASI perah saat listrik mati.

Prinsip menyelamatkan ASIP adalah mempertahankan agar ASIP tetap dalam kondisi dingin. "Kalo mati listrik kuncinya satu, JAGA SUHU!!," kata Ayah ASI lewat akun Instagram id_ayahasi pada Rabu (1/1/2020).

 

Seperti mengutip akun Instagram Ayah ASI, berikut tips menjaga agar suhu kulkas tetap dingin saat mati listrik:

1. Pintu kulkas jangan sering dibuka

Suhu panas dari luar kulkas dapat memengaruhi suhu di dalam kulkas yang mati.

2. Es batu di sekeliling ASIP

"Hal ini menjaga suhu dingin tetap stabil di sekitar botol," tulis Ayah ASI.

3. Bungkus botol ASIP beku dengan koran dan letakkan saling menempel

 "Cara ini berfungsi menahann suhu dingin pada botol tidak berpindah lebih cepat," tulis mereka.

4. Titipkan ke tetangga atau saudara

Jika listrik mati dalam jangka waktu lama titipkan ASIP pada kerabat atau tetangga untuk sementara.

 

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir, antisipasi juga listrik mati yah. berikut adalah tips agar asip tetap aman di saat mati listrik - prinsipnya sederhana kok, semakin dingin maka ASIP akan bertahan semakin lama,kalo mati listrik kuncinya satu, JAGA SUHU!! menjaga suhu agar ttp dingin di kulkas bisa dilakukan dgn beberapa cara yg sederhana - pintu kulkas jangan sering dibuka, kenapa? krn suhu panas dari luar kulkas dapat pengaruhi suhu di dalam kulkas yg ketika listrik mati masih stabil - sediakan es batu di sekeliling asip, hal ini untuk menjaga suhu dingin tetap stabil di sekitar botol - bisa juga dengan membungkus botol asip dengan kertas/koran, hal ini untuk menahan suhu dingin pada botol tidak berpindah/menguap lebih cepat - jika dirasa mati listrik akan berlangsung lama, hubungi famili, kerabat atau tetangga untuk menitipkan ASIPnya sementara - jangan ragu untuk meminta bantuan pihak berwajib jika membutuhkan bantuan segera - #ayah #ayahasi #bapakasi #ayahasionweekend #asi #asip #asiperah #nenen #menyusui #breastfeed #breastfeeding #breastfeedingfather #catatanayahasi #ngurusnyajugaberdua #bnpbindonesia #kitajagaalam #alamjagakita - @bnpb_indonesia @bpbddkijakarta @dkijakarta 📷: canva.com

Sebuah kiriman dibagikan oleh AyahASI Indonesia (@id_ayahasi) pada

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.