Sukses

8 Rumah Sakit di Depok yang Sediakan Serum Anti-Bisa Ular

Liputan6.com, Depok Terkait kemunculan ular kobra di pemukiman warga Depok, Jawa Barat beberapa minggu ini, rumah sakit di Depok pun menyediakan serum anti-bisa. Adanya serum anti-bisa sebagai upaya bila ada warga Depok yang terkena gigitan ular.

Melalui surat edaran resmi yang dikeluarkan Wali Kota Depok Mohammad Idris tertanda 23 Desember 2019, rumah sakit di Depok yang punya serum anti-bisa ular sebagai berikut:

1. RSUD Kota Depok

2. RS Hasanah Graha Afifah (HGA)

3. RS Tugu Ibu

4. RS Meilia

5. RS Sentra Medika Cisalak

6. Mitra Keluarga Depok

7. RS Bhakti Yudha

8. RS Universitas Indonesia (UI) Depok

Selain delapan rumah sakit di atas, serum anti-bisa ular juga dapat diperoleh di Dinas Kesehatan Kota Depok.

Dari penelusuran Health Liputan6.com, surat edaran ini dipublikasikan pada laman Pemerintah Kota Depok pada 24 Desember 2019, yang berjudul Surat Edaran Antisipasi dan Penanganan Kemunculan Ular di Sekitar Pemukiman Masyarakat.

 

2 dari 3 halaman

Penanganan Gigitan Ular

Dalam surat edaran, Idris juga menekankan, beberapa cara penanganan jika ada warga yang terkena gigitan ular kobra.

"Membuat bagian yang tergigit tidak bergerak, ikat bagian yang tergigit, beri sinyal darurat supaya orang lain mengetahui gigitan ular, pergi ke layanan kesehatan terdekat yang menyediakan serum anti-bisa ular," tulisnya.

Ular kobra yang muncul di Depok, seperti kejadian penemuan di Perumahan Anggrek 2 Grand Depok City, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat yang diberitakan pada 13 Desember 2019 menyorot perhatian publik.

Warga Depok juga diimbau menjaga kebersihan lingkungan rumah.

"Sehubungan dengan fenomena kemunculan ular di sekitar pemukiman masyarakat, dengan ini Pemerintah Kota Depok mengimbau agar seluruh masyarakat menjaga kebersihan rumahnya guna menghindari masuknya ular. Dengan cara menggunakan pembersih lantai dengan aroma menyengat serta tidak meninggalkan sampah bekas makanan di rumah," tulis Idris melalui surat edarannya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Kebiasaan Buruk yang Bikin Otak Lemah
Loading