Sukses

Tak Selalu karena Mengantuk, Ini Penyebab Seseorang Menguap

Rupanya, ada beberapa faktor yang membuat seseorang menguap.

Liputan6.com, Jakarta Menguap merupakan proses alami yang terjadi pada manusia. Saat seseorang menguap tidak selalu tanda seseorang tengah mengantuk. 

Rupanya, ada beberapa faktor yang membuat seseorang menguap. Mengutip dari berbagai sumber berikut merupakan kondisi yang membuat seseorang jadi menguap. 

1. Perubahan Keadaan

Seperti yang dilansir dari Medical News Today , menguap biasanya dianggap sebagai tanda kantuk atau kebosanan, meskipun hal ini tidak selalu terjadi. Secara umum, menguap bisa menjadi cara bagi tubuh untuk mengubah keadaan kesadaran, misalnya sebelum tidur, sesudah tidur, saat bosan, dan setelah berolahraga.

Selain itu, menguap juga dapat terjadi ketika perubahan tekanan. Misalnya dari area bertekanan tinggi ke tekanan rendah. Tekanan ini dapat menumpuk di gendang telinga dan dapat menyebabkan menguap untuk melepaskannya.

2. Fungsi Pernapasan

Menguap terjadi ketika darah membutuhkan oksigen sehingga asupan udara yang besar dan detak jantung yang lebih cepat. Jadi, menguap dapat membantu menyediakan pasokan oksigen segar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mendinginkan Otak

Ketika seseorang menguap hal ini menyebabkan rahang meregang. Kondisi ini meningkatkan aliran darah di wajah dan leher. Proses ini dapat menjadi cara untuk mendinginkan otak yang terlalu 'panas'. Para peneliti menemukan bahwa menguap merupakan cara untuk 'mendinginkan'  otak.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini