Sukses

Disney Keluarkan Peringatan Film Star Wars Terbaru Bisa Picu Kejang

Liputan6.com, Jakarta Walt Disney Studio mengeluarkan peringatan bagi calon penonton film Star Wars: The Rise of Skywalker. Mereka menyatakan, film itu bisa memicu kejang pada invidu dengan epilepsi yang umumnya peka terhadap photosensitive.

"Sebagai bentuk kehati-hatian, kami merekomendasikan agar perusahaan Anda memampang pemberitahuan baik di lokasi box office maupun online, serta lokasi lain yang memungkinkan pelanggan Anda melihatnya yang berbunyi: Star Wars: The Rise of Skywalker mengandung beberapa sekuen dengan potongan gambar serta kilatan-kilatan cahaya yang mungkin berdampak pada mereka yang memiliki epilepsi photosensitive atau kondisi photosensitive lainnya," jelas surat pernyataan yang dibuat oleh Disney.

Disney bekerja sama dengan Epilepsy Foundation untuk mempromosikan peringatan tersebut.

Epilepsi merupakan salah satu penyakit neurologis paling umum yang dialami oleh sekitar 50 juta orang di seluruh dunia. Hal itu dinyatakan oleh Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Kejang epilepsi bisa dipicu oleh stimulasi dari kilatan cahaya seperti strobo atau flicker dari layar komputer hingga alarm kebakaran dan kendaraan darurat lainnya.

2 dari 2 halaman

Tips Menonton untuk Orang dengan Epilepsi

Disney juga menganjurkan agar bioskop-bioskop memberi peringatan pada para calon penontonnya sebelum menikmati tayangan Skywalker saga seperti melansir laman New York Post.

Meski demikian, individu dengan epilepsi tetap bisa menonton film itu dengan didampingi teman atau keluarga yang sudah lebih dulu menonton filmnya.

Dengan begitu, teman atau saudara yang mendampingi bisa memberi tahu adegan apa saja yang bisa memicu kejang. Epilepsy Foundation juga merekomendasikan untuk membawa seorang teman lain agar pasien epilepsi tetap aman.

Loading
Artikel Selanjutnya
Lewat Gim Online, Remaja AS Selamatkan Nyawa Temannya yang Kejang di Inggris
Artikel Selanjutnya
Tangani Epilepsi dengan Perawatan Alternatif