Sukses

Bau Mulut Selalu Mengganggu? Ketahui Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Bau mulut secara medis disebut halitosis. Bau mulut dapat disebabkan oleh kebiasaan kesehatan gigi yang buruk dan mungkin merupakan tanda masalah kesehatan lainnya. Bau mulut dapat disebabkan dengan jenis makanan dan gaya hidup tidak sehat.

Selain itu, di bawah ini juga terdapat penyebab utama yang seringkali dapat menimbulkan bau mulut.

1. Tembakau

Seperti yang dilansir dari medicalnewstoday, produk yang mengandung tembakau menyebabkan bau mulut. Selain itu, produk yang mengandung tembakau meningkatkan kemungkinan penyakit gusi yang juga dapat menyebabkan bau mulut.

2. Makanan

Walaupun air liur secara alami membersihkan mulut, sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi dapat menyebabkan bau mulut. Beberapa makanan, seperti bawang juga bisa menyebabkan bau mulut. Setelah dicerna, makanan tersebut dibawa dalam darah ke paru-paru sehingga dapat mempengaruhi napas.

 

 

2 dari 3 halaman

Mulut Kering

3. Mulut Kering

Mulut terasa kering atau memiliki penyakit tertentu, dapat juga menimbulkan bau mulut.

"Obat-obatan tertentu, seperti beberapa antihistamin, diuretik, antipsikotik, dan pelemas otot yang dapat menyebabkan mulut kering," kata dr. Hadi Rifai, seorang dokter gigi di Klinik Cleveland, melansir dari health.com

4. Kebersihan Gigi

Menyikat dan membersihkan gigi dengan menyisakan partikel kecil makanan, dapat menumpuk dan menghasilkan bau mulut. Selain itu, menyikat dan membersihkan gigi tidak teratur dapat menimbulkan plak. Plak ini dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan peradangan di antara gigi dan gusi yang disebut periodontitis.

Hal ini juga berlaku pada gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur dapat menumpuk bakteri yang menyebabkan bau mulut.

5. Diet yang Buruk

Pengetahuan yang luas sangat diperlukan agar tidak salah langkah dalam mengambil tindakan begitu juga dengan melakukan diet. Program diet yang salah juga dapat menghasilkan bau mulut.

3 dari 3 halaman

Obat-Obatan

6. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat mengurangi air liur sehingga meningkatkan bau mulut. Obat-obatan lain dapat menghasilkan bau ketika memecah dan melepaskan bahan kimia dalam napas.Mengonsumsi suplemen vitamin dalam dosis besar juga rentan terhadap bau mulut.

7. Kondisi Mulut, Hidung, dan Tenggorokan

Amandel di bagian belakang tenggorokan menjadi salah satu penyebab bau mulut. Selain itu, infeksi atau peradangan pada hidung, tenggorokan atau sinus juga dapat menyebabkan bau mulut.

8. Penyakit

Beberapa penyakit, seperti kanker, gagal hati, dan penyakit metabolisme lainnya dapat menyebabkan bau mulut, karena campuran spesifik bahan kimia yang dihasilkan.

Oleh karena itu, memperhatikan kesehatan mulut juga penting, jika mengalami bau mulut yang terus berlanjut disarankan ke dokter untuk memeriksa penyebabnya. 

 

Nama : Salsabila Fauziah Rahman

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Penyebab Bau Mulut yang Bisa dan Tidak Dapat Dicegah