Sukses

Outbond Perusahaan 6 Bulan Sekali Bantu Jurnalis Usir Stres

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan outbond atau gathering (kumpul bersama) rupanya bisa menjadi cara perusahaan menjaga kesehatan jurnalis. Upaya ini mampu mengusir stres, yang kerap melanda jurnalis.

Psikolog Sustriana Saragih menegaskan, perusahaan juga dapat melakukan sejumlah hal untuk menjaga kesehatan mental jurnalis.

"Merancang aktivitas dan program yang bisa meningkatkan kesehatan mental jurnalisnya. Outbond atau gathering dapat diterapkan, tapi di dalamnya tidak mendiskusikan pekerjaan lho," ucap Sustriana sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Kamis (5/12/2019).

"Yang pasti outbond atau gathering itu murni membantu para jurnalis mengenali diri, mengekspresikan emosi, serta mengelola stres."

2 dari 3 halaman

Lakukan 3 atau 6 Bulan Sekali

Menurut Sutrisna, kegiatan perusahaan yang positif, baik outbond atau gathering dapat dilakukan setiap 3 atau 6 bulan sekali.

Ia juga berharap Undang-undang Nomor 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa mampu diterapkan di tempat kerja. Salah satu isi yang dibahas undang-undang tersebut mengenai penyelenggaraan kegiatan yang bisa meningkatkan kesehatan jiwa seseorang.

"Sebenarnya, saya berharap undang-undang itu tidak hanya bagus di atas kertas, melainkan diimplementasikan dalam bentuk program kegiatan di tempat kerja," Sustriana menerangkan.

Selain itu, perusahaan menyediakan asuransi kesehatan jiwa atau layanan psikolog bagi pekerja media. Produktivitas jurnalis dan pekerja media akan semakin meningkat jika kesehatan jiwa mereka terjaga dengan baik.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
UMP Naik, AJI Jakarta: Gaji Jurnalis Harusnya Rp 8,7 Juta pada 2020
Artikel Selanjutnya
6 Tips Jaga Kesehatan Mental untuk Tingkatkan Kualitas Hidup