Sukses

Jelang Menikah, Syamsir Alam Suntik Vaksin HPV

Liputan6.com, Jakarta Salah satu persiapan mantan pesepak bola Syamsir Alam jelang menikah dengan menjalani suntik vaksin Human Papilloma Virus (HPV). Vaksinasi ini merupakan upaya pria 27 tahun in mencegah terkena penyakit bersumber HPV.

"Hari ini saya pertama kali suntik HPV dan hashtag-nya juga sehat sebelum menikah kan, jadi kami menikah tahun depan insyaAllah," kata Syamsir sesudah disuntik dalam acara #SehatSebelumNikah: Pentingnya Vaksinasi HPV untuk Pasangan Pranikah di Jakarta Selatan pada Selasa (26/11/2019).

Calon istri Syamsir, Bunga Jelitha yang juga Duta #CegahKankerServiks rupanya sudah lebih dulu melakukan suntik vaksin HPV ketimbang Syamsir. 

“Kalau aku sudah menjalaninya dua tahun yang lalu dan sudah lengkap suntiknya, sudah tiga, jadi insyaAllah juga sudah terproteksi dari virus HPV,“ kata Bunga di kesempatan yang sama.

 

2 dari 2 halaman

Vaksinasi HPV, Bentuk Kepedulian Satu Sama Lain

Sebagai pasangan yang akan menikah, Syamsir dan Bunga tertarik menjalani vaksinasi HPV sebagai bentuk kepedulian satu sama lain. Keduanya sama-sama mengetahui dengan melakukan vaksinasi ini bisa mencegah wanita terkena kanker serviks serta penyakit lain yang bersumber dari HPV bagi pria seperti kutil kelamin dan kanker anus.

“Karena ini satu-satunya kanker yang bisa dicegah, jadi menurut saya mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati,” ucap Alam.

Sebagai wanita, Bunga mengatakan sangat penting bagi wanita untuk melakukan vaksinasi HPV karena rentan terjangkit kanker serviks. “Makanya ini juga penting banget untuk para wanita di luar sana yang bisa melakukan vaksinasi HPV,” tambah Bunga.

Syamsir dan Bunga yang berencana menikah pada Maret 2020 menyadari betul pentingnya kesehatan untuk membangun masa depan bersama pasangan. Sehingga, pencegahannya harus dilakukan secara maksimal oleh kedua belah pihak.

“Seberapa pentingnya mungkin tidak bisa dijelaskan secara luas ya, karena penting banget untuk membicarakan tentang kesehatan ini karena ini untuk masa depan kita berdua, karena kita menjalaninya berdua,” kata Bunga.

 

Penulis: Winda Nelfira

Loading
Artikel Selanjutnya
Chacha Frederica Ajak Pasangan yang Bakal Menikah Vaksin HPV
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Anak SD Dapat Vaksin HPV Tidak Tepat?