Sukses

6 Tanaman Hias Ini Bantu Hilangkan Racun dari Dalam Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Tanaman hias disukai karena bentuknya yang indah. Rumah yang dipenuhi dengan tanaman juga akan terasa lebih sejuk. Ini disebabkan tanaman melakukan fotosintesis lalu melepaskan oksigen, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara dan membuat rumah menjadi lebih sehat.

Dalam sebuah studi ilmiah ditemukan bahwa terdapat berbagai manfaat bagi kesehatan dari kegiatan mendekorasi rumah menggunakan tumbuhan hidup. Mendekorasi rumah dengan tanaman hias disebut dapat meningkatkan suasana hati, membuat lebih tenang, dan dapat menghilangkan racun dari udara.

Berdasarkan studi yang dilakukan NASA pada 1989, didapatkan beberapa jenis tanaman hias yang efektif menghilangkan racun, seperti formaldehida, yang dikaitkan dengan kanker.

Lebih dari itu, sebuah studi terbaru oleh American Society for Horticultural Science juga menemukan bahwa beberapa tanaman dapat menghilangkan VOC (polutan organik yang mudah menguap, seperti benzene dan trikloretilen).

Pada 2016, peneliti Vadoud Niri PhD turun tangan untuk membuktikan studi tersebut. Hasilnya, dia menemukan beberapa varietas tanaman hias yang baik bagi sirkulasi udara di rumah.

Berdasarkan penelitian Vadoud Niri dan kesimpulan Wolverton, penulis buku How to Grow Fresh Air, inilah jenis-jenis tanaman hias yang dapat menghilangkan racun seperti dikutip dari Health pada Sabtu, 23 November 2019.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tanaman Hias di Rumah

1. Palem Kuning

Palem Kuning atau Areca Palm atau chrysalidocarpus Lutescens merupakan salah satu jenis palem yang cukup populer sebagai tanaman hias. Palem kuning ini dapat tumbuh dengan subur di ruangan yang terang.

Menurut penelitian Vadoud, pohon palem kuning sangat cocok untuk membuat ruangan tampak indah dan menarik. Jenis palem ini sangat bagus dalam menyerap polutan udara.

2. Lili Paris

Lili Paris dikenal juga dengan Spider Plant (Chlorophytum Comosum). Selain itu, Lili paris disebut juga dengan tanaman laba-laba kecil.

Tanaman hias lili paris ini efektif menghilangkan zat beracun dari udara. Tanaman lili paris cocok diletakkan di ruangan berukuran kecil karena bisa digantung. Daunnya yang terlihat liar dan dapat memanjang menambah keindahan tampilan lili paris yang trendi dan cocok diletak di ruang manapun.

 

3 dari 4 halaman

Jenis Tanaman Hias Lainnya

3. Palem Waregu

Palem Waregu atau Lady Palm (Rhapis Excelsa) dapat menghilangkan racun seperti formaldehida, amonia, xylene, dan toluena dari udara. Jenis tanaman hias ini tumbuh lebih lambat dari jenis tanaman hias lainnya sehingga tahan lama dan tidak butuh perawatan yang sering. Batang dari palem waregu punya fitur layaknya bambu.

4. Karet Kebo

Karet Kebo (Ficus Elastica) merupakan pohon tropis yang dapat tumbuh dengan subur walau tidak di bawah sinar matahari langsung.

Karet kebo disebut sebagai tanaman karet dikarenakan tanaman ini mengeluarkan getah yang digunakan untuk membuat karet. Tanaman ini tampak sempurna sebagai tanaman hias karena terlihat agak sintetis dan membantu membersihkan udara di rumah.

 

4 dari 4 halaman

Tanaman Hias

5. Bromeliad

Bromeliad (Guzmania Lingulata) adalah salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Jenis tanaman ini, sesuai dijadikan sebagai tanaman meja. Kabar baiknya, bromeliad mudah dirawat dan dikenal sebagai tanaman yang toleran dengan kekeringan.

Cukup sirami permukaan tanah bromeliad untuk mempertahankan penampilannya yang cantik. Bromeliad juga dapat tumbuh dengan baik dengan cahaya dalam ruangan.

6. Paku Gunung

Paku Gunung atau Bostorn Fern (Nephrolepis Exaltata) adalah tanaman pakis hias yang akan terlihat indah jika digantung. Daun dari paku gantung ini dapat tumbuh dengan subur di dalam ruangan.

Selain itu, jenis tanaman ini juga mudah dirawat. Cukup dengan disiram secara teratur dengan percikan ringan sebagai perawatan, tanaman ini siap menghias rumah, membersihkan udara, serta dapat meningkatkan suasana hati.

Penulis : Winda Nelfira

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.