Sukses

Wajib Tahu, 3 Dampak Bila Tetap Bekerja Saat Flu

Saat flu melanda sebaiknya beristirahat tapi ada beberapa orang yang harus masuk kerja saat sakit.

Liputan6.com, Jakarta Hal pertama yang perlu dilakukan saat sakit flu adalah beristirahat di rumah. Tidak hanya mudah menular, flu bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan dengan obat.

Saat sakit flu, Anda cukup membiarkan tubuh untuk sembuh sendiri. Menurut Mayo Clinic, biasanya dibutuhkan seminggu hingga 10 hari bagi orang dewasa.

Kebanyakan orang dewasa bisa terkena flu sebanyak dua hingga tiga kali setiap tahun. Namun, beristirahat dan tidak bekerja bukanlah pilihan yang memungkinkan bagi semua orang. Jika tetap bekerja saat flu melanda, berikut dampaknya seperti dilansir Bustle.

1. Memperlambat proses penyembuhan

Rasa kantuk yang parah memang pasti dialami saat sakit. Studi tahun 2017 menemukan bahwa rasa kantuk itu disebabkan oleh saraf tertentu yang menurunkan aktivitas sel-sel dalam sistem saraf. 

“Tidur sangatlah penting untuk membantu manusia sembuh saat sedang sakit,” kata penulis utama dan profesor neurologi, David M. Raizen.

Selain tetap terhidrasi dan bila diperlukan minum obat penghilang rasa nyeri, Mayo Clinic merekomendasikan untuk banyak beristirahat. Tubuh menggunakan tidur untuk memerangi penyakit, menciptakan protein dalam sistem imun yang bisa membantu mengembalikan kesehatan.

Tetap terjaga dan bepergian, seperti ke tempat kerja, bisa menghambat proses tersebut.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kurang Produktif

Ada istilah yang tepat untuk mendeskripsikan orang-orang yang memaksakan diri untuk tetap bekerja, yaitu presenteeism. Tahun 2004, Harvard Business Review memaknai kata presenteeism masalah pekerja yang sebenarnya hadir tapi karena kondisi kesehatan yang kurang baik kinerja mereka menurun. 

Salah satu studi Journal of the American Medical Association menemukan bahwa tingkat produktivitas dari pekerja yang tetap masuk saat kerja sangat menurun. Jadi ada baiknya bagi Anda untuk tetap di rumah saat sakit.

 

3 dari 3 halaman

3. Menyebarkan flu

Flu merupakan penyakit yang sangat mudah menular. Tetap beristirahat di rumah tidak hanya bermanfaat bagi Anda, tapi juga untuk orang lain.

Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat mengatakan bahwa dengan tetap di rumah, Anda mencegah penularan flu kepada orang lain. Sebagai infeksi yang menular, flu menyebar melalui kontak dengan orang yang terkena.

Jadi usahakan untuk tetap di rumah. Kalaupun Anda tetap harus bekerja, keluarkan bersin ke tisu, hindari menyentuh area bersama dan cucilah tangan secara rutin.

 

Penulis : Selma Vandika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.