Sukses

Tingkatkan Layanan, BPJS Kesehatan Dorong Rumah Sakit Tampilkan Ketersediaan Tempat Tidur

Liputan6.com, Jakarta Peningkatan pelayanan BPJS Kesehatan salah satunya dilakukan dengan mengimbau rumah sakit-rumah sakit yang bekerja sama dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk menampilkan display ketersediaan tempat tidur mereka.

"Kami mengimbau rumah sakit yang bermitra dengan BPJS Kesehatan menyediakan informasi display ketersediaan tempat tidur perawatan," jelas Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, Budi Mohamad Arief saat konferensi pers di Kantor BPJS Kesehatan, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Hal tersebut guna menjawab keluhan pasien peserta JKN maupun keluarga pasien yang sulit mencari ruang perawatan.

"Banyak juga keluhan yang masuk soal kesulitan mencari ruang perawatan. Alasannya, ruangan selalu penuh dan tidak ada lagi tempat tidur yang kosong," Budi menjelaskan. 

Dengan adanya tampilan tempat tidur baik di ruang perawatan biasa atau pun intensif di rumah sakit, menurut Budi akan memudahkan pasien JKN dalam mengakses layanan kesehatan.

"Pasien jadi tahu berapa jumlah tempat tidur yang masih kosong," kata Budi.

2 dari 3 halaman

73 persen rumah sakit sudah punya display tempat tidur

Budi mengatakan, selama ini karena kesulitan mengakses ruang perawatan, berapa pasien sampai harus berpindah-pindah rumah sakit demi mendapat ruang rawat inap.

"Alasan ini membuat pasien jadi curiga kepada pihak rumah sakit. Dianggapnya ada pembatasan kuota tempat tidur untuk pasien JKN," ucapnya.

Diharapkan pada tahun 2020, seluruh rumah sakit mitra BPJS Kesehatan sudah memiliki display ketersediaan tempat tidur. Ketika pasien datang, ia bisa melihat sendiri ketersediaan tempat tidur di ruang perawatan.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan per Oktober 2019, sebanyak 73 persen rumah sakit yang melayani peserta JKN telah memiliki display ketersediaan tempat tidur.

Artinya, sebanyak 2.050 dari 2.212 fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan punya display tempat tidur. BPJS Kesehatan dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) terus mendorong rumah sakit lainnya menampilkan display tempat tidur.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kunker ke Cilegon, Jokowi Sidak Layanan BPJS Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Jokowi Sebut Menkes Punya Jurus Baru Atasi Defisit BPJS Kesehatan