Sukses

Cegah Sakit, Ini 6 Langkah Jaga Kesehatan Saat Naik Pesawat

Liputan6.com, Tangerang Jumlah wisatawan yang meningkat di akhir tahun biasanya diiringi dengan peningkatan penyakit. Bila Anda termasuk salah satu yang bakal bepergian menggunakan pesawat dalam waktu dekat atau akhir tahun, penting sekali menjaga kesehatan.

Untungnya, ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mencegah tertular penyakit saat naik pesawat. Berikut enam tindakan pencegahan sederhana yang bisa dilakukan selagi bepergian menggunakan pesawat seperti dikutip Bustle, Jumat (8/11/2019).

1. Rajin cuci tangan

Menurut dokter keluarga dan profesor Rowan University School of Osteopathic Medicine, Amerika Serikat, Jen Caudle, sebaiknya Anda mencuci tangan dengan rutin. Jangan cuci tangan saat sedang kotor, Caudle menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun antibakteri sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah dari toilet, sesudah bersalaman, dan setelah menyentuh pintu atau barang

 

2. Jangan sering menyentuh wajah

Caudle menyarankan untuk tidak menyentuh wajah saat bepergian, “Terutama mata, hidung dan mulut untuk meminimalisasi risiko terkena infeksi virus dan bakteri.” 

Bila Anda ingin merias wajah, disarankan untuk menggunakan alat seperti kuas dan spons. Namun, jika terpaksa menggunakan jemari, usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

 

2 dari 3 halaman

3. Membawa hand sanitizer

Barang kecil ini bisa sangat bermanfaat untuk membasmi kuman yang terdapat di tempat umum seperti toilet pesawat. Tidak hanya tangan, meja, sandaran tangan, jendela dan tombol dalam pesawat juga bisa dibersihkan dengan alat ini.

4. Jangan menyentuh yang tidak perlu

Dokter keluarga itu menyarankan untuk tidak menyentuh area-area tertentu dalam pesawat seperti meja, pintu toilet dan lainnya. Bila memang harus menyentuh, gunakan sapu tangan atau kain agar terhindar dari kuman yang bersarang di area tersebut.

5. Bawa perlengkapan pribadi

Menurut Caudle, dengan membawa perlengkapan pribadi seperti bantal atau selimut, Anda bisa mengurangi risiko terkena penyakit. Membawa barang pribadi juga berarti mengurangi kontak langsung dengan kuman dalam pesawat yang mungkin tidak sempat dibersihkan oleh petugas.

6. Perhatikan sistem imun Anda

“Perbanyak minum air, tidur yang cukup dan konsumsi makanan yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh,” kata Caudle. 

Menjaga dan memperhatikan imun tubuh di saat liburan sangatlah penting. Semakin kuat imunitas, semakin kuat juga tubuh untuk melawan kuman yang menyerang. 

 

Penulis : Selma Vandika

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Boeing Perbaiki 7 Ribu Pesawat Usai Banyaknya Kerusakan Fatal
Artikel Selanjutnya
5 Tips Ini Bisa Bikin Liburan dan Bepergian Jauh Tetap Terasa Nyaman