Sukses

Rahasia Kulit Cantik dan Sehat dengan Air Mawar Buatan Rumahan

Air mawar berkhasiat menjaga keseimbangan pH kuit serta mengontrol kelebihan minyak.

Liputan6.com, Jakarta Air mawar atau rose water punya segudang manfaat untuk menjaga kecantikan. Konon, air mawar sudah digunakan sejak zaman Mesir Kuno oleh Ratu Cleopatra. Ratu yang kecantikan dan kisah cintanya tercatat sejarah itu menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat keindahan kulitnya, salah satunya adalah air mawar.

Mengutip Ndtv.com, air mawar berkhasiat menjaga keseimbangan pH kuit serta mengontrol kelebihan minyak. Selain itu, air mawar juga punya zat anti-peradangan sehingga mengurangi kemerahan pada kulit yang terititasi.

"Air mawar memiliki kemampuan anti-peradangan sehingga bisa membantu mengurangi kemerahan pada kulit yang teritasi, menghilangkan jerawat, dermatitis serta eksim. Air awar bisa membersihkan minyak serta kotoran yang menyumbat pori-pori kulit," kata ahli kulit Dr Deepali Bhardwaj.

Bahkan, aroma air mawar juga dipercaya bisa meredakan kecemasan dan membuat seseorang jadi lebih tenang.

Sahabat Liputan6.com bisa mencoba membuat air mawar sendiri di rumah dengan menerapkan langkah sederhana berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meramu air mawar

1. Pilih kelopak mawar

Bunga mawar punya beberapa jenis warna kelopak, ada yang merah, kuning, hingga putih. Mawar dengan kelopak merah akan memberi aroma yang lebih kuat dibandingkan warna lainnya. Pastikan mawar yang Anda pilih bebas dari zat kimia atau pun pestisida.

2. Lepaskan kelopak-kelopaknya

Pisahkan kelopak-kelopak mawar dari batang hingga memenuhi 1/2 atau 1 cangkir. Bila Anda menggunakan kelopak mawar yang telah dikeringkan, maka cukup gunakan 1/4 cangkir saja. Satu cangkir kelopak mawar kurang lebih didapat dari 2 hingga 3 bunga mawar utuh. Selanjutnya bersihkan kelopak-kelopak mawar itu dengan air.

3. Rebus kelopak mawar

Melansir laman Asianage.com, masukkan kelopak mawar ke dalam panci, tuangkan air secukupnya hingga kelopak-kelopak mawar terendam. Pastikan Anda tak menuang terlalu banyak air karena akan membuatnya terlalu encer. Anda bisa menggunakan air yang distilisasi untuk membuat ramuan ini.

Jerang air dan kelopak mawar pada api sedang hingga mendidih. Tutup panci lalu kecilkan api. Biarkan selama 15 sampai 30 menit atau hingga warna kelopak mawar mulai pudar. Matikan api, angkat penutup panci dan biarkan dingin.

4. Saring

Saring air mawar menggunakan kain muslin untuk memisahkannya dari kelopak mawar. Pastikan air mawar telah dingin.

5. Simpan

Masukkan air mawar ke dalam wadah kedap udara atau botol spray. Air mawar alami ini dapat bertahan selama kurang lebih 1 minggu dalam suhu ruang, dan sebulan bila disimpan di kulkas.

 

(Wien Aryani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.