Sukses

Tips Pernikahan Agar Langgeng Seperti BJ Habibie dan Ainun

Berikut ini tips pernikahan agar langgeng seperti BJ Habibie dan Ainun

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan BJ Habibie dan Hasri Ainun Habibie saat ini banyak diidolakan sebagai salah satu couple goals di Indonesia. Bahkan setelah sang istri wafat, Presiden ketiga Republik Indonesia itu tetap setia.

Sesungguhnya, ada banyak cara untuk mencapai hubungan pernikahan yang langgeng seperti BJ Habibie dan Ainun.

Carrie Cole terapis keluarga dari Gottman Institute di Seattle, Amerika Serikat mengungkapkan beberapa tips agar pernikahan bisa tetap bertahan lama. Dia sendiri telah mempelajari banyak pasangan selama karirnya.

Dilansir dari Yahoo Lifestyle pada Kamis (12/9/2019), Cole memberikan beberapa tips supaya pasangan suami istri memiliki hubungan yang langgeng.

1. Memiliki Kebiasaan Tetap Positif

Sebuah pernikahan pasti memiliki pasang surut. Mereka yang hubungannya berhasil, menerima kesalahan dan tidak terhalang oleh harapan yang tidak realistis.

"Perkawinan yang paling sukses mengembangkan kebiasaan berpikir positif," kata Cole. Karena itu, pasutri yang baik percaya bahwa pasangan mereka memiliki kepentingan yang terbaik untuk keduanya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Saling Mendukung dan Belajar dari Konflik

 2. Saling Mendukung Satu Sama Lain

Pasutri di masa kini seringkali tidak saling mendengarkan atau menghabiskan waktu bersama dengan berbicara satu sama lain. Padahal, cara ini bisa mengarah pada sebuah dukungan.

Karena itu, Anda dan pasangan disarankan untuk saling berbicara dnegan pasangan untuk mengurangi tekanan. Salinglah berbagi tekanan yang muncul dari luar hubungan, serta dengarkan dengan penuh rasa empati.

3. Belajar dari Konflik yang Dialami

Pasangan yang bahagia belajar dari 'perang' kecil yang terjadi dalam hidup mereka. Alih-alih pasutri menjadikan itu sebagai peluang menuju keintiman, pengertian, serta hubungan yang lebih dekat.

3 dari 5 halaman

Menerima Perbedaan yang Ada

4. Memaksimalkan Apa yang Dimiliki

Masalah keluarga yang muncul saat ini adalah rasa khawatir tidak punya waktu, uang, atau kebebasan. Pasangan yang bahagia tidak akan membiarkan hidup mereka terbatasi dengan masalah-masalah tersebut.

Sehingga, cobalah untuk lebih kreatif dengan apa yang sudah dimiliki dalam kehidupan.

"Terkadang ingatan yang paling disukai pasangan adalah saat-saat ketika mereka tidak punya uang," kata Cole.

5. Menerima Perbedaan

Setiap manusia memiliki sikap dan sifat yang berbeda. Termasuk dalam sebuah hubungan suami istri. Cole megnatakan, Anda dan pasangan harus mengakui perbedaan tersebut, termasuk apa yang tidak sempurna dari pasangan.

"Satu-satunya cara kita untuk benar-benar berubah adalah ketika kita merasa bahwa pasangan menerima kita apa adanya," kata Cole.

 

4 dari 5 halaman

Mampu Melewati Badai Masalah

6. Mampu Melewati Krisis

Sebuah krisis dalam keluarga bukan berarti pernikahan ikut hancur karena itu. Cole mengatakan, pasangan yang kuat adalah mereka yang mampu melakukan segala hal untuk menyelesaikan masalah itu, tak peduli betapa sulitnya itu.

7. Tak Saling Menyerang Satu Sama Lain

Meski kesal, bukan berarti seseorang harus menjelek-jelekkan pasangannya atau membuka kekurangannya. Melakukan itu hanya menimbulkan lebih banyak perselisihan.

 

5 dari 5 halaman

Tak Saling Menuduh dan Tak Menyelesaikan Konflik

8. Tak Saling Tuduh

Ketimbang saling menuduh atau mengekspresikan hinaan pada pasangan, mintalah mereka untuk jujur dengan cara yang lebih positif. Apalagi, jika Anda merasa ada sesuatu yang disembunyikan olehnya

"Katakan sesuatu seperti 'Saya perlu kejujuran yang utuh,'" kata Cole merekomendasikan.

9 Tak Saling Membatu

Usai sebuah konflik, pasangan seringkali hanya diam tanpa menyelesaikan argumennya. Namun, jangan biarkan itu terus berlama-lama dan malah menciptakan keretakan dalam hubungan.

"Setelah Anda tenang, libatkan diri kembali dengan pasangan Anda dan dengan tenang jelaskan apa yang membuat Anda kecewa," kata Cole.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.