Sukses

Presiden Uruguay Dikabarkan Memiliki Kanker Ganas, Apa Saja Gejalanya?

Liputan6.com, Jakarta Presiden Uruguay Tabare Vazquez dikabarkan terindikasi memiliki kanker ganas di paru-paru kanannya. Hal itu diketahui setelah Vazquez menjalani pemeriksaan rutin, Selasa (20/8/19). Ia mengaku dirinya merasa baik-baik saja dan tidak mengalami gejala terkait dengan kanker. 

"Dalam pemeriksaan, ditemukan nodus pada paru-paru kanan dengan karakteristik yang sangat ganas. Ini adalah temuan dari hasil pemeriksaan berkala yang saya lakukan," ucap Vazquez dalam konferensi pers. 

Mengutip laman Channel News Asia, Vazquez mengatakan ingin menjalani rawat inap selama satu atau dua hari guna pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan diagnosis yang pasti.

Menurut American Cancer Society (ACS), kanker dapat muncul di mana saja dan pasti menimbulkan gejala. Namun, kadang-kadang gejala tersebut tidak disadari dan terlewatkan begitu saja. 

Gejala yang mengindikasikan kanker paling sering disebabkan oleh sesuatu yang ringan.

"Jika gejalanya mengganggu kehidupan sehari-hari dan tidak sembuh setelah dua minggu, itu saat yang tepat untuk Anda pergi ke dokter," ucap Marleen Meyers, ahli onkologi payudara di NYU Langone Medical Center, AS.

 

 

2 dari 3 halaman

Gejala Kanker yang Tak Disadari

Dilansir dari Insider, berikut gejala kanker yang mungkin tidak disadari.

1. Kelelahan

Kelelahan yang tidak hilang dengan istirahat bisa menjadi salah satu gejala kanker yang sering terlewatkan. 

"Ketika Anda kelelahan, lakukanlah sedikit analisis. Mungkin disebabkan karena kurangnya waktu tidur. Namun jika segala hal dirasa pada fase yang normal, ini mungkin merupakan gejala," ucap Iona Bonta, ahli onkologi media di Cancer Treatment Center of America. 

2. Benjolan pada kulit

Satu hal yang seringkali diabakan adalah kanker kulit dan luka pada kulit. Karena kanker kulit tidak selalu terlihat jelek atau menakutkan. Luka yang tidak juga sembuh adalah tanda potensial dari kanker kulit.

3. Penurunan berat badan yang tidak beralasan

Penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas bisa menjadi gejala kanker. ACS menjelaskan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya paling sering terjadi pada kanker pankreas, perut, kerongkongan, dan paru-paru.

4. Merasa cepat kenyang

Kanker ovarium adalah kanker yang sulit ditangkap pada tahap awal. Salah satu gejala yang mungkin muncul adalah rasa kenyang yang dini setelah mengonsumsi sedikit makanan.

5. Kembung

Orang yang memiliki kanker ovarium juga mungkin mengalami perut kembung atau bengkak. "Jika seorang wanita melaporkan nyeri panggul atau perut, peningkatan ukuran perut, kembung, sulit makan, atau merasa cepat kenyang, dan terjadi lebih dari 12 kali per bulan, itu adalah tanda bahaya," ucap Bonta.

3 dari 3 halaman

Nafsu Makan Buruk

6. Nafsu makan yang buruk

Meyers mengungkapkan, nafsu makan yang buruk kadang-kadang bisa menjadi gejala kanker. Menurut US National Institutes of Health, itu mungkin gejala kanker usus besar, kanker ovarium, kanker lambung, dan kanker pankreas.

7. Demam

Demam bisa menjadi gejala kanker. Biasanya, karena kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Tetapi, itu biasanya gejala awal kanker darah leukemia atau limfoma.

8. Nyeri

Rasa sakit yang tidak wajar dan tidak beralasan adalah tanda bahaya. "Jika sakit yang ditimbulkan beralasan seperti baru saja pergi dari gym, itu adalah sesuatu yang wajar. Tetapi jika sakit yang muncul tanpa penyebab dan tidak hilang dalam beberapa hari, itu bisa menjadi masalah," tambah Bonta.

9. Anemia

Anemia adalah kondisi di mana seseorang tidak memiliki sel darah merah yang cukup. Ini biasa terjadi ketika menstruasi berat. Namun, jika tidak ada alasan yang mendorong terjadinya anemia, ini bisa menjadi gejala dari kanker usus besar. 

10. Perubahan saat buang air besar atau air seni

Darah yang muncul ketika sedang buang air bisa menandakan kanker lambung atau kanker kolorektal. Perubahan pada air kemih juga mungkin adalah gejala dari kanker ginjal.

 

Penulis: Diviya Agatha

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyintas Kanker Pecahkan Rekor Seberangi Selat Inggris 4 Kali Tanpa Henti
Artikel Selanjutnya
Abaikan Sakit Gigi Lebih dari Setahun, Remaja Ini Malah Kena Tumor Rahang