Sukses

Trik Menikmati Gorengan Tanpa Takut Kolesterol Naik ala Dokter Jantung

Liputan6.com, Jakarta Gorengan bisa menjadi makanan jahat dan berbahaya bagi tubuh. Ketika suatu bahan makanan diolah dengan cara deep frying (digoreng dengan minyak panas), lemak yang dikandung oleh bahan makanan itu akan berubah menjadi lemak trans yang berujung pada peningkatan kolesterol.

Namun, ada cara sehat menikmati gorengan tanpa takut kolesterol naik. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay membeberkan trik jitunya. Trik ini berkaitan dengan fungsi fisiologis tubuh.

Melalui kiriman video kepada Health Liputan6.com, Selasa (20/8/2019), Vito mempraktikkan, cara menikmati bakwan goreng. Di hadapannya tersaji bakwan goreng dilengkapi dengan semangkuk saus kacang.

"Gorengan itu makanan yang tidak baik. Bisa meningkatkan kolesterol dan mengarah pada terjadinya serangan jantung. Bagaimana cara menikmati bakwan goreng dan gorengan lain tanpa meningkatkan kolesterol?" ujar Vito sambil memegang sumpit dengan bakwan goreng.

"Perhatikan caranya, angkat (bakwan goreng) lalu tatap baik-baik. Celupkan ke dalam saus kacang. Jangan terlalu sedikit saus kacangnya. Biarkan bakwan goreng sampai 'berenang' di mangkuk saus kacangnya."

2 dari 4 halaman

Cium Aroma dan Perbanyak Minum

Setelah dicelupkan ke dalam saus kacang, angkat bakwan goreng, lalu tatap sebaik-baiknya. Kemudian cium aroma bakwan goreng.

"Tatap betul-betul ya. Cium dulu baunya (aroma bakwan goreng). Lalu minum yang banyak," lanjut Vito sambil minum air putih yang banyak.

Ia melanjutkan, setelah minum air putih, tatap lagi bakwan goreng. Bayangkan, betapa enaknya bakwan goreng tersebut.

"Hirup yang dalam lagi aormanya. Kemudian minum lagi yang banyak. Air ini membuat kita kenyang dan aroma bakwan goreng membuat perut kenyang. Tentunya, ini tanpa meningkatkan kolesterol," tambah dokter yang sehari-hari berpraktik di Siloam Hospitals Lippo Village.

3 dari 4 halaman

Sinyal Rasa Kenyang

Trik menikmati bakwan goreng yang dicontohkan Vito berhubungan dengan penerimaan sinyal otak. Aroma gorengan akan diterima dan terekam otak.

Air putih yang masuk ke lambung pun mengaktifkan sinyal rasa kenyang. Lambung berisi air akan mengirimkan sinyal kenyang ke otak sampai kita enggak kepingin lagi makan gorengan. Kenyang deh (tanpa makan langsung gorengan)," Vito menuturkan.

Otak tetap merasakan nikmatnya gorengan lewat aroma. Hingga akhir video, Vito pun kembali melakukan hal yang sama: menatap gorengan, mencium aroma, dan banyak minum air putih.

Sajian bakwan goreng di depannya cukup dinikmati melalui aromanya saja.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Selain Pisang, Intip 5 Buah yang Cocok Diolah Jadi Gorengan
Artikel Selanjutnya
Cium Aroma Gorengan Bisa Kenyang, Kok Bisa?