Sukses

Cara Aman dan Benar Bersihkan Rumah Biar Penghuninya Tak Gampang Sakit

Orang jadi gampang sakit karena salah dalam membersihkan rumah

Liputan6.com, Jakarta - Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan agar rumah selalu nyaman untuk ditinggali, serta membuat para penghuninya menjadi sehat. 

Namun, tahukah Anda bahwa salah dalam membersihkan rumah bisa berdampak buruk pada kesehatan? Dilansir dari Mirror Online pada Senin, 19 Agustus 2019, pakar kebersihan, Ralitsa Prodanova menjelaskan tentang berbagai kesalahan yang mungkin dilakukan saat membersihkan rumah.

Perempuan yang bekerja di perusahaan jasa kebersihan rumah Fantastic Service itu, menyebutkan beberapa kesalahan saat membersihkan rumah dan berakibat pada kesehatan tubuh. Untuk itu hindari melakukan hal-hal ini saat bersih-bersih rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara yang Benar Bersih-Bersih Rumah

1. Mengikis jamur hitam

Tidak ada yang ingin rumahnya dipenuhi jamur. Namun, aktivitas membersihkan jamur dengan cara mengikisnya bisa sangat berbahaya.

Jamur hitam, yang tumbuh di tempat-tempat lembap, dapat menyebabkan masalah pernapasan dan bahkan halusinasi

"Jamur hitam yang biasanya tumbuh di dinding dapat menyebarkan spora ke udara seperti virus yang bisa menyebabkan masalah pernapasan, peradangan kulit, kelelahan dan mual. Sementara jamur jenis rye ergot bahkan bisa menyebabkan halusinasi," ujar Prodanova.

 

3 dari 4 halaman

Gunakan Masker Saat Membersihkan Rumah

Untuk mengenyahkan jamur secara aman, Prodanova menyarankan untuk selalu mengenakan masker, sarung tangan karet dan kacamata. Terutama jika ingin mengikisnya hingga bersih.

"Cara efektif mematikan jamur adalah menyiramnya dengan cairan pemutih menggunakan alat semprot," katanya.

"Kemudian tutup dinding berjamur yang sudah disemprot dan biarkan selama 30 menit agar cairan pemutih bekerja. Buka semua jendela agar bau menyengat bisa keluar. Setelah itu buka penutup dan bersihkan dinding hingga bersih," dia melanjutkan.

 

4 dari 4 halaman

Bersihkan Peralatan Olahraga di Rumah

Sebagian besar orang sangat malas atau jarang sekali membersihkan peralatan olahraga mereka, mulai dari dumbbells hingga matras yoga. Padahal, meski terlihat bersih, ada banyak kuman yang menempel di sana.

Banyak penelitian tentang kuman yang mengatakan bahwa peralatan olahraga mengandung lebih banyak kuman daripada toilet.

Beberapa kuman tersebut dapat menyebabkan bisul, eksim susu, jerawat dan rosacea. Bahkan ada kuman super yang ditakuti bernama MRSA atau methicilin-resistant Staphylococcus aureus.

MRSA adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus yang sudah tidak mempan lagi terhadap banyak jenis antibiotik.

"Peralatan olahraga mungkin sering terlewatkan dalam rutinitas membersihkan rumah. Padahal, peralatan orang perlu dibersihkan dan disemprot secara teratur," kata Prodanova.

Penulis : Cynthia Amanda Male / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini