Sukses

Sontek, 7 Trik Perlancar BAB di Pagi Hari

Untungnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasinya, berdasarkan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi, Anda yang tengah mencoba rajin buang air besar (BAB) di pagi hari terkadang ada saja hal yang mempersulitnya. Untungnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasinya, berdasarkan.

Berikut beberapa mencoba beberapa trik ini dapat membantu untuk mencegah sembelit dan bahkan mempercepat BAB di pagi hari.

1. Makan Makanan Berserat

Makanan kaya serat dengan kadar air yang tinggi seperti wortel mentah, apel dengan kulitnya dan alpukat merupakan sumber serat yang hebat untuk membantu proses pencernaan bergerak.

Christine Lee, ahli gastroenterologi di Cleveland Clinic, Amerika Serikat mengatakan, "Ketika (serat) dikonsumsi, makanan ini menciptakan gradien osmotik yang memaksa lebih banyak penyerapan air selama proses pencernaan yang kemudian membantu meringankan atau mencegah sembelit dengan membantu percernaan mengalir lebih lancar."

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen serat untuk mendapatkan efek yang sama kata Christine. Tetapi ingat makan makan bergizi adalah kuncinya, mendapatkan serat alami yang ditemukan dalam makanan lebih memiliki efek yang lebih baik daripada suplemen.

2. Minum Kopi Panas

Hal yang pertama muncul ketika ingin buang air besar adalah minum minuman yang panas. "Minum panas seperti kopi atau teh di pagi hari dapat membantu sistem pencernaan bergerak," tutur Christine.

Kopi khususnya adalah suatu keharusan bagi siapa pun yang ingin buang air besar dengan cepat di pagi hari. Panas dari kopi dapat merangsang pencernaan bergerak, selain itu kafein juga dikenal dapat merangsang motilitas usus besar.

Kopi bisa dikonsumsi saat hangat atau dingin karena kafein tetap akan bekerja pada tubuh. Tetapi kafein pada es teh atau soda berkafein tidak akan memiliki efek yang sama.

3. Olahraga

Berolahraga seperti hiking, jogging, dan bersepeda dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan pada akhirnya akan merangsang usus untuk mengosongkan dirinya.

Christine mengingatkan jika Anda mulai sibuk dan melewatkan olahraga, hal itu mungkin menjadi penyebab mengapa Anda tidak buang besar sebanyak yang diinginkan. Memastikan untuk memasukkan olahraga singkat biasa ke dalam rutinitas dapat menjadi solusi yang Anda butuhkan.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Coba Toilet Jongkok

Jongkok memodifikasi anatomi dengan mengendurkan otot-otot di daerah bagian bawah tubuh dan juga mengangkat bagian usus besar sehingga membuat pengosongan usus lebih mudah.

"Semakin dekat Anda dengan squat (jongkok) penuh, semakin mudah untuk buang air besar," tutur Peyton Berookim, ahli gastroenterologi dari Los Angeles.

5. Pijat Perut

Anda Peyton mengatakan bahwa dengan mencoba untuk memijat perut perlahan-lahan searah jarum jam dapat membantu menggerakkan usus.

Ini dapat dilakukan dengan memberikan tekanan sedang di perut dari sisi perut kanan melintasi perut di bawah rusuk lalu ke arah perut bagian kiri yang merupakan titik dimana tinja akan dikeluarkan.

6. Cukup Minum

"Salah satu penyebab paling umum dari sembelit adalah dehidrasi," jelas Peyton. "Ketika tubuh dehidrasi, itu akan membuat usus besar menarik banyak air dari makanan dan menyebabkan tinja keras," tambahnya.

Aturan praktis yang baik adalah minum 450 gram air untuk setiap 900 gram berat badan Anda.

7. Konsultasi ke Dokter

Jika memiliki sembelit yang parah, Christine merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat pencernaan yang sesuai jika metode lain tidak berhasil.

"Obat yang diresepkan efektif, tetapi harganya bisa mahal sehingga umumnya harus dibiarkan sebagai upaya terakhir setelah Anda mencoba metode lain," kata Christine.

Mengonsumsi obat pencernaan terlalu sering juga dapat tubuh menjadi kebal dan akhirnya obat menjadi tidak efektif.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.