Sukses

Program Bayi Tabung Jadi Layanan Kesehatan Unggulan di Malaysia

 

Liputan6.com, Medan - Malaysia menjadi salah satu negara di Asia yang menjadi tujuan masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk berwisata maupun sekadar belanja, tetapi juga untuk berobat dan urusan medis lainnya.

Chief Commercial Officer Malaysia Healthcare Travel Council, Nik Yazmin Nik Azman, salah satu urusan medis yang diminati masyarakat Indonesia di Malaysia adalah perawatan fertilitas atau kesuburan reproduksi dengan program In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung

“Saat ini program bayi tabung merupakan salah satu layanan kesehatan unggulan di Malaysia,” kata Yazmin dalam acara AirAsia Travel Fair 2019 di Centre Point Mall, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (19/7/2019).

Dijelaskannya, dukungan dari lima pusat fertilitas Malaysia Healthcare yang telah disertifikasi Badan Akreditasi Teknologi Reproduksi dari Australia, semakin meyakinkan Malaysia untuk menjadi Pusat Kesuburan Reproduksi di Asia.

“Apalagi, kemajuan perawatan program bayi tabung di Malaysia didukung sejumlah rumah sakit yang memiliki klinik khusus kesuburan,” Yasmin menjelaskan.

 

2 dari 4 halaman

Rumah Sakit di Malaysia dan Bayi Tabung

 

Yazmin menyebut, rumah sakit yang menghadirkan layanan untuk bayi tabung di Malaysia cukup banyak diminati. Hal ini terbukti dari banyaknya pasien yang datang ke rumah sakit tersebut, terutama masyarakat Indonesia dari Medan.

“Catatan kita, ada beberapa rumah sakit yang melayani pasien sangat banyak. Bahkan pasien masih antre hingga malam. Maraknya program bayi tabung di Malaysia kurun waktu lima tahun belakangan, dan tingkat keberhasilan berkisar 70 sampai 80 persen,” kata dia menjelaskan.

Letakgeografis yang sangat dekat antara Medan dengan Malaysia dan pilihan rute penerbangan langsung dari Medan ke Kuala Lumpur, dan Penang, serta kesamaan dalam hal budaya, menjadi alasan masyarakat Medan melakukan perawatan dan konsultasi kesehatan di Malaysia.

 

3 dari 4 halaman

Berbondong-Bondong ke Malaysia

 

Pada 2018, Malaysia Healthcare telah melayani lebih dari 1.2 juta wisatawan medis. Jumlah ini meningkat sebesar 14 persen dibandingkan tahun 2017. Di tahun yang sama, jumlah pasien asal Indonesia meningkat 11 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Malaysia Healthcare menawarkan beragam layanan perawatan dan fasilitas kesehatan berkualitas dunia seperti kardiologi, fertilitas, onkologi, dan ortopedi hingga paket perawatan yang menarik dan terjangkau dari sejumlah fasilitas kesehatan swasta terkemuka di Malaysia.

“Kita menawarkan layanan kesehatan yang terjangkau dengan kualitas dunia bagi para wisatawan medis,” sebut Yazmin.

 

4 dari 4 halaman

Malaysia Memiliki 200 Rumah Sakit Swasta

 

Malaysia memiliki 200 rumah sakit swasta. 73 di antaranya terdaftar sebagai anggota Malaysia Healthcare yang dilengkapi dengan berbagai layanan kesehatan kualitas terpercaya, teknologi kesehatan terdepan, dan fasilitas mutakhir untuk melayani pasien dari seluruh dunia.

“Untuk tahun 2019, hingga bulan Juni, masyarakat Indonesia yang sudah berobat ke Malaysia berdasarkan catatan kita sekitar 400.000. Paling banyak berobat tentang kanker dan program bayi tabung,” Yazmin menegaskan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Malaysia Ringkus 37 WNI di Kuala Lumpur, Diduga Langgar UU Imigrasi
Artikel Selanjutnya
Sistem Bandara Kuala Lumpur Terganggu, Operasional Kacau Balau