Sukses

Selain Tomat, Makanan Populer Ini Diklaim Kurangi Risiko Kanker Prostat

Liputan6.com, Inggris Sejumlah makanan rupanya dianggap mampu menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Diketahui buah tomat mungkin membantu menghambat sel kanker, terutama kanker prostat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, pria yang mengonsumsi lebih dari 10 porsi tomat setiap minggu dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat sekitar 20 persen.

Tim peneliti Bristol menganalisis diet dan gaya hidup sekitar 20.000 pria Inggris berusia antara 50 dan 69 tahun. Pria yang mengonsumsi lebih dari sepuluh porsi tomat setiap minggu, seperti tomat segar dan jus tomat.

Peneliti Vanessa Er dari School of Social and Community Medicine di Bristol University menyampaikan, mengonsumsi lima porsi buah atau sayuran atau lebih dalam sehari juga terbukti menurunkan risiko sebesar 24 persen, dibandingkan dengan pria yang makan dua setengah porsi atau kurang.

"Temuan kami menunjukkan bahwa tomat mungkin penting dalam pencegahan kanker prostat. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi temuan kami," ujar Vanessa, dilansir dari Express, Sabtu (20/7/2019).

2 dari 3 halaman

Makanan Berbahan Tepung dan Produk Susu

Khasiat melawan kanker pada tomat diduga karena likopen--antioksidan yang dapat melindungi terhadap kerusakan DNA dan sel.

Para peneliti juga melihat dua komponen makanan lain yang terkait dengan risiko penurunan kanker prostat, yakni selenium. Senyawa ini ditemukan dalam makanan berbahan dasar tepung, misal roti dan pasta serta kalsium, yang ditemukan dalam produk susu seperti susu dan keju.

Pria yang mendapat asupan dari komponen makanan di atas memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat.

Frame dari Prostate Cancer UK menanggapi penelitian soal makanan yang menurunkan risiko kanker prostat.

"Belum ada cukup bukti untuk membuat rekomendasi konkret tentang makanan spesifik apa yang harus dikonsumsi pria demi mengurangi risiko kanker prostat," tulisnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Presiden Uruguay Dikabarkan Memiliki Kanker Ganas, Apa Saja Gejalanya?
Artikel Selanjutnya
Kematian Akibat Kanker Tinggi, Menkes Nila Ingatkan CERDIK