Sukses

10 Penyakit yang Sering Dijumpai pada Lansia

Sederet penyakit yang sering dijumpai pada lansia.

Liputan6.com, Jakarta Pada orang yang lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun, berbagai penyakit dapat didera. Daya tahan tubuh lansia yang makin menurun membuat rentan didera penyakit.

Berdasarkan laporan NICE Guideline, Multimorbidity: Clinical Assessment and Management 2016, ada 10 penyakit yang sering dijumpai pada lansia.

1. Hipertensi

2. Arthritis (radang sendi)

3. Stroke

4. COPD (penyakit paru-paru yang mengakibatkan penderitanya sulit bernapas)

5. Diabetes melitus

6. Kanker

7. Penyakit jantung koroner

8. Batu ginjal

9. Gagal jantung

10. Gagal ginjal kronis

Menurut dokter spesialis penuaan (geriatri) Siti Setiati, dari 10 penyakit di atas, ada tiga penyakit utama yang harus diperhatikan lansia.

"Hipertensi, diabetes melitus, dan penyakit jantung koroner," katanya saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Rabu (10/7/2019).

Ini karena penyakit ini bisa membuat lansia semakin berkurang kualitas hidup. Pengobatan dan perawatan penyakit saat lansia juga butuh penanganan maksimal.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih dari Satu Penyakit

Ketika menua, penyakit yang diderita lansia bisa lebih dari satu penyakit. Contohnya, satu lansia bisa mengalami hipertensi dan diabetes.

"Bahkan saya juga menangani satu pasien lansia yang (alami) diabetes iya, hipertensi iya, dan kencing manis juga," ujar Siti yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Selain itu, lansia juga mengalami masalah psikososial, seperti demensia dan depresi. Ini terjadi penurunan fungsi otak.

"Pada akhirnya para lansia juga butuh pengasuh atau ada seseorang yang merawatnya, yang menemaninya juga," Siti menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.