Sukses

Rehat Manggung, Musisi Stevie Wonder Bakal Cangkok Ginjal

Istirahat sejenak tampil di dunia permusikan, Stevie Wonder siap-siap jalani cangkok ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Musisi legendaris Stevie Wonder (69) menyampaikan hal mengejutkan saat konser di London, Inggris pada Sabtu malam lalu. Dia mengatakan bakal rehat sejenak tampil sebagai penyanyi karena berencana menjalani transplantasi atau cangkok ginjal.

"Aku akan tampil tiga acara lagi, kemudian istirahat. Aku akan menjalani operasi. Aku bakal menjalani cangkok ginjal pada akhir September tahun ini," kata Wonder kepada para penggemarnya.

Mengenai orang yang mendonorkan ginjal, ia sudah menemukan. Penyanyi yang terkenal dengan lagu "I Just Called to Say I Love You" ini berharap penggemarnya tidak usah mengkhawatirkannya.

"Aku datang ke sini juga untuk mengucapkan terima kasih kepada kalian. Aku baik-baik saja," tutur Wonder seperti dilansir CBS News, Senin (8/7/2019).

Sayangnya, Wonder tak menjelaskan lebih detail kondisi kesehatannya sampai-sampai membuatnya harus menjalani cangkok ginjal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Cangkok Ginjal

Cangkok ginjal adalah prosedur medis untuk mengganti ginjal yang tidak lagi berfungsi dengan ginjal sehat dari pendonor. Orang dengan gagal ginjal atau di stase akhir penyakit ginjal yang umumnya membutuhkan gagal ginjal seperti dikutip laman NHS UK.

Biasanya, orang yang akan mendonorkan ginjal itu adalah keluarga dekat. Alasannya karena memiliki kecenderungan tipe jaringan serta golongan darah yang sama dengan pasien. Hal ini mengurangi risiko tubuh menolak kehadiran ginjal yang dicangkokkan.

Cangkok ginjal merupakan prosedur bedah besar dengan beragam risiko. Jangka pendek, kemungkinan ada infeksi dan pembekuan darah. Sementara, risiko jangka panjanngya adalah peningkatan risiko infeksi. Itu sebanya, orang yang menjalani cangkok ginjal perlu menjalani pemeriksaan rutin seumur hidupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.