Sukses

4 Tips Jaga Kebersihan Organ Intim Saat Menstruasi

Cegah infeksi dan masalah kesehatan di sekitar organ intim, berikut cara menjaga kebersihan saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan organ intim itu penting, termasuk saat menstruasi. Jangan sampai gara-gara tak menjaga kebersihan malah menimbulkan masalah kesehatan.

Berikut empat hal yang sebaiknya wanita praktikkan saat menstruasi seperti dikutip Hivisasa, Kamis (20/6/2019):

1. Ganti pembalut setiap 4 jam

Memakai pembalut yang sama terlalu lama tidak dianjurkan. Pastikan untuk menggantinya setiap 4-6 jam untuk menghindari kemungkinan ruam dan iritasi.

2. Membersihkan vagina

Wanita harus memastikan vaginanya bersih saat haid. Gunakan air hangat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan yang sama sepanjang hari. Air hangat adalah yang terbaik untuk membersihkan bagian pribadi.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan Handuk Bersih Saat Mengeringkan Vagina

Handuk penting digunakan saat mengeringkan vagina. Pastikan handuk tidak hanya kering tetapi juga bersih. Jika handuk dipakai berulang kali bisa menyebabkan organ intim mengalami infeksi. 

4. Cuci tangan sebelum mengganti pembalut

Beberapa wanita mengganti pembalut tanpa mencuci tangan. Seharusnya ini tidak terjadi. Pastikan tangan bersih untuk menghindari infeksi. Gunakan sabun untuk membersihkan tangan agar terhindar dari infeksi yang bisa timbul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.