Sukses

Manjakan Lidah Tamu Lebaran dengan Durian Tart

Liputan6.com, Jakarta Anda bisa memanjakan lidah tamu yang bersilaturahmi saat Lebaran dengan durian tart. Cara mengolah durian yang dijadikan tart bisa menggugah hati bagi para pecinta durian.

Sebagaimana keterangan rilis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Jumat (7/6/2019), menu durian tart hasil karya Ella Koerniati. Meskipun Anda harus mengolah menu penutup dengan beberapa tahap, hasilnya bisa dibilang lezat.

Hidangan penutup yang diolah dari buah durian pun kaya manfaat.

Bahan A:

¼ cup   Terigu protein sedang

¼ cup   Tepung maizena

¼ cup   Custard powder

1 cup    Gula pasir

750ml    Susu segar (Anda bisa menggunakan Greenfields Fresh Milk)

Bahan B:

2/3 cup Salted butter

4          Kuning telur

Bahan C:

5 ½ cup Buah durian, daging saja

Bahan D:

4          Putih telur

1 ¼ cup Gula pasir

½ cup    Terigu protein sedang

 

2 dari 4 halaman

Cara Membuat

Cara membuat:

  1. Siapkan panci/wajan anti lengket lalu masukkan bahan A, aduk dengan whisk hingga tercampur rata. Masak di atas api sedang hingga kental dan meletup-letup sambil terus diaduk.
  2. Masukkan bahan B, lalu aduk hingga tercampur rata. Tambahkan bahan C dan aduk kembali hingga tercampur. Matikan kompor.
  3. Siapkan aluminium foil cup, tuang adonan sekitar 3/4. Susun di atas loyang, panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 10-15 menit. Angkat dan sisihkan.
  4. Siapkan bahan D, aduk putih telur dengan kecepatan rendah hingga berbusa menggunakan mixer. Masukkan gula secara bertahap sambil naikkan kecepatan mixer, lalu kocok hingga putih telur mengembang. Matikan mixer.
  5. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai habis, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Masukkan ke dalam pipping bag, lalu semprotkan ke atas adonan durian hingga tertutup rapi.
  6. Beri kismis, panggang dengan api atas hingga kecoklatan dan matang.
3 dari 4 halaman

Kaya Nutrisi

Durian mengandung banyak nutrisi. 80 persen kaya mengandung vitamin C, 38 persen vitamin B6, 30 persen kalium, 29 persen untuk riboflavin, 61 persen tiamin, dan 18 persen magnesium.

Buah ini juga kaya dengan senyawa tanaman, yang sebagian besar bertindak seperti antioksidan. Dilansir dari Medical Daily, senyawa antioksidan termasuk karotenoid, polifenol, flavonoid, dan anthocyanin.

Hal tersebut menjadikan durian salah satu buah paling bergizi yang bisa Anda nikmati, terutama jika dijadikan bahan pembuat makanan. Ada juga manfaat lain bagi tubuh.

Durian bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa senyawa yang ditemukan dalam durian sebenarnya dikenal mengurangi kadar kolesterol, risiko penyumbatan pembuluh darah. 

Selain itu, durian bisa menurunkan risiko kanker. Berdasarkan studi yang diteliti, antioksidan yang ada dalam ekstrak durian mencegah penyebaran sel kanker payudara.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Sandiaga Uno yang Ketagihan Makan Durian
Artikel Selanjutnya
Berkat Modifikasi Mobilnya, Eks Sopir Bus Sekolah Jadi Penjual Durian Sukses