Sukses

Kanker Darah Bisa Disembuhkan, Asal...

Liputan6.com, Jakarta Kanker darah (blood cancer) yang dulunya disebut sebagai penyakit mematikan kini sudah berubah. Terobosan di dunia kedokteran membuat pasien penyakit ini punya peluang untuk sembuh.

”Saat ini, kanker darah termasuk ke dalam penyakit yang memiliki kemungkinan besar untuk disembuhkan," kata konsultan hematologi Parkway Cancer Centre (PCC), dokter Colin Phips Diong.

Colin juga mengungkapkan bahwat tingkat kesuksesan kesembuhan pasien saat ini begitu meningkat pesat. Didukung pada kemajuan kemoterapi dan pengobatan lainnya.

”Namun, semua ini tergantung pada apakah pasien mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi spesifik dirinya. Ini adalah faktor kunci yang utama, selain mendapatkan diagnosis awal yang tepat," kata Colin saat bertemu wartawan di Jakarta pada September 2018.

 

2 dari 3 halaman

Persentase Kesembuhan

 

Kanker darah itu terdiri dari tiga jenis yakni leukemia, limfoma, dan myloma. Lalu, berapa persentase kemungkinan bisa sembuh dari kanker darah?

"Untuk kasus limfoma tipe Hodgkin, tingkat kesembuhan berkisar antara 75-96 persen, tergantung pada stadium mana kanker tersebut didiagnosis dan diobati,” kata Colin.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dokter Terawan: Saya Mendampingi Jenazah Ibu Ani Yudhoyono di Singapura
Artikel Selanjutnya
Ani Yudhoyono Tutup Usia Pukul 11.50 Waktu Singapura