Sukses

Cegah Haus Saat Puasa, Baiknya Minum Susu Saat Berbuka atau Sahur?

Banyak dari kita beranggapan, minum susu saat sahur bagus untuk menambah energi dan mencegah tubuh agar tidak haus saat puasa.

Liputan6.com, Jakarta Menahan rasa haus umumnya jadi tantangan terbesar saat berpuasa. Rasa haus yang muncul bisa jadi tanda dehidrasi. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan memilih jenis minuman yang tepat ketika sahur.

Banyak dari kita beranggapan, minum susu saat sahur bagus untuk menambah energi dan mencegah tubuh agar tidak haus saat puasa. Namun ternyata, minum susu atau minuman manis lainnya justru dapat membuang cairan dalam tubuh sehingga lebih cepat haus.

"Meminum minuman berasa yang mengandung kadar gula tinggi seperti kopi, teh atau susu cokelat dapat meningkatkan kadar gula darah dan menurunkannya secara cepat. Alhasil kamu bakal cepat haus. Saat sahur ada baiknya cukup meminum air mineral saja," tutur Diana, dokter spesialis gizi klinis di Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu 15 Mei 2019.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minum susu saat berbuka puasa

Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengkonsumsi susu selama berpuasa. Dokter Diana menyampaikan, minum susu sebaiknya dilakukan saat berbuka untuk menaikkan gula darah yang menurun, karena saat berpuasa bukan berarti gizi yang kita konsumsi menjadi berkurang.

"Susu mengandung tiga nutrisi esensial (makro nutrisi) yang dibutuhkan tubuh, yaitu protein, lemak dan karbohidrat. Berbagai kandungan mikro nutrisi seperti kalsium, potasium dan magnesium juga terkandung di dalamnya. Sehingga, jika dikonsumsi sesuai aturan, susu akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang," imbuhnya.

 

Reporter: Tri Yuniwati Lestari

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.