Sukses

Banyak Manfaat, Jangan Lewatkan Sesi Mendongeng untuk Anak

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak suka didongengi sebelum tidur? Rupanya mendongeng untuk anak punya manfaat positif bagi hubungan orangtua dan anak. Simak pengalaman Mommy Rika Handayani dari Babyologist.

Hai Moms, Mama Fatih mau sedikit share tentang manfaat mendongeng dan bagaimana menciptakan bonding antara orang tua dan anak semakin erat dengan media mendongeng nih, disimak yah.

Dari mulai kehamilan, saya sudah mulai merencanakan membeli buku cerita anak apa saja yang ingin saya bacakan ke anak saya nanti setelah lahir, dan saya mulai menerapkan membaca dongeng sebelum tidur dari Fatih berusia 2 bulan, walaupun sang anak belum merespon, hanya mendengarkan dan melihat, tapi dari situ akan menjadi awal kebiasaan yang menyenangkan sebelum tidur antara orang tua dan anak.

Menurut pengamatan saya, saat Fatih saya bacakan dongeng setiap malam, Fatih terlihat nyaman, lebih tenang dan tidur lebih nyenyak, karena menurut saya terciptanya bonding yang kuat antara orang tua dan anak saat mereka saling menatap, saat berinteraksi dengan expresi sang ayah/ibu yang membacakan dongeng, mengenal suara orang tuanya dan anak merasa tenang dan disayangi saat sang orang tua memberikan pelukan dan kecupan kepada sang anak ketika dibacakan dongeng.

Selain itu, membacakan dongeng dapat melatih sang anak berimajinasi dari gambar ilustrasi yang anak lihat di buku, belajar mengenal warna, angka, dan benda-benda yang ada di dalam gambar, serta menambah kosa kata untuk melatih sang anak belajar berbicara, meningkatkan daya pikir anak dengan mereka mendengarkan, juga belajar menghafal setiap kata yang disampaikan, serta anak dapat mempelajari budi pekerti yang terkandung dalam isi cerita, dan sangat baik manfaatnya karena dapat menanamkan minat membaca kepada anak mulai dari usia dini agar kelak sang anak gemar membaca.

Banyak sekali yah Moms manfaat mendongeng, dan banyak juga cara mendongeng, tidak hanya dengan sekedar membacakan buku cerita tetapi bisa dipadu padan dengan alat musik yang juga bisa melatih audi visual sang anak dan menjadi lebih menyenangkan.

Itulah sedikit sharing-an saya tentang banyaknya manfaat mendongeng untuk anak dan menciptakan bonding antara anak orang tua semakin erat, semoga para Moms jadi lebih rajin membacakan dongeng ke si Kecil yah.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Trik Membujuk Anak agar Mau Makan
Artikel Selanjutnya
Masih Bingung Persiapkan Menu MPASI? Begini Versi WHO