Sukses

8 Buah Rendah Gula yang Aman untuk Pasien Obesitas dan Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Obesitas menjadi masalah global yang menghantui semua umur dan jenis kelamin. Obesitas dapat menyebabkan penyakit lain seperti kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Melakukan diet seimbang dengan kandungan rendah kalori dan lemak bisa menolong menurunkan berat badan pada orang obesitas.

Banyak orang mengonsumsi buah untuk menurunkan berat badan karena masih banyak yang berpikir bahwa buah memiliki kandungan lemak atau gula rendah.

Selain itu, orang dengan diabetes juga merasakan hal yang sama karena merasa gula dari buah tidak membahayakan bagi mereka. Faktanya, banyak buah dengan kandungan gula yang tinggi. Hal tersebut dapat memengaruhi proses penurunan berat badan atau memperburuk gejala diet.

Melansir dari Boldsky pada Senin, 13 Mei 2019, berikut buah dengan kandungan gula rendah yang aman untuk pasien diabetes dan obesitas.

 

2 dari 4 halaman

Buah untuk Orang Obesitas dan Diabetes

1. Stroberi

Stroberi merupakan buah dengan kandungan gula rendah tetapi memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi.

Kandungan tersebut dapat meningkatkan metabolisme dan sistem imunitas untuk menjaga kesehatan Anda serta membantu menurunkan berat badan.

2. Persik (peach)

Persik memiliki kandungan gula rendah. Satu ukuran medium hanya memiliki kandugan sekitar 10g gula.

Persik memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk memperbaiki sistem pencernaan serta menjaga sistem imunitas.

 

3 dari 4 halaman

Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Orang Obesitas

3. Blackberry

Blackberry baik bagi orang dengan obesitas dan diabetes karena hanya memiliki kandungan gula sekitar empat sampai lima gram per 100 gram buah.

Blackberry ini juga kayak akan vitamin K dan manganese serta baik untuk kesehatan oral Anda.

4. Lemon

Sebagian orang mungkin tidak mengonsumsi lemon seperti mengonsumsi buah lain. Namun, lemon hanya memiliki dua gram gula per buah. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas.

5. Melon

Melon hanya memiliki 11g kandungan gula dalam tiap buah. Potassium dan vitamin K di dalamnya dapat membantu penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolitas dan membantu pencernaan.

 

4 dari 4 halaman

Jeruk untuk Obesitas

6. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C dan asam folat sehingga jeruk merupakan salah satu buah yang tepat dikonsumsi untuk menjaga sistem imun dan melawan penyakit.

Jeruk dapat dikonsumsi secara aman untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dan diabetes karena hanya memiliki 12g kandungan gula di dalamnnya.

7. Anggur

Anggur merupakan salah satu buah paling populer di Eropa. Kandungan antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme dan energi untuk menjaga Anda tetap aktif seharian.

8. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki berbagai manfaat. Buah ini mengandung omega 3 dan nutrisi baik lainnya.

Selain itu, buah ini hampir tidak mengandung gula sama sekali sehingga aman untuk dikonsumsi penderita obesitas dan diabetes.

Penulis: Khairuni Cesario

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.
    Diabetes
  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.
    Obesitas
Loading
Artikel Selanjutnya
Orang Diabetes Boleh Olahraga di Bulan Puasa, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Kenapa Pasien Diabetes dengan Gula Darah Tinggi Tak Boleh Puasa?