Sukses

Kunjungi Posyandu Mandalasari, Menkes Nila Jajal Nuget Kelor

Menkes Nila sempat mencicipi salah satu menu yang biasa diberikan pada anak-anak saat memeriksakan diri ke posyandu.

Liputan6.com, Denpasar Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mendatangi Posyandu Mandalasari yang berada di Denpasar Timur, Bali. Saat berada di sana, Menkes Nila sempat mencicipi salah satu menu yang biasa diberikan pada anak-anak saat memeriksakan diri ke posyandu.

Kader posyandu memperkenalkan menu tersebut sebagai nuget kelor. "Ini ibu, kami membuat nuget kelor," kata salah satu kader Posyandu Mandalasari ke Nila.

Nila pun sempat mencicipi nuget kelor buatan para kader pagi ini, Rabu (24/4/2019).

Seperti nuget pada umumnya, nuget kelor ini digoreng dengan lapisan terluar adalah tepung panir. Namun, di bagian dalam, warnanya putih kehijauan karena mengandung daun kelor. Rasa nuget kelor yang gurih, pas sebagai lauk yang bisa menambah nafsu makan. Tak cuma nuget, kader posyandu juga membuat puding kelor.

Menurut Nila, ini adalah sebuah kreativitas para ibu memanfaatkan daun kelor. Apalagi tanaman ini mudah sekali ditanam dan tumbuh di pinggir jalan yang bila dikonsumsi bisa meningkatkan gizi anak.

"Para ibu di Posyandu Kumalasari kreatif, daun kelor dibuat menjadi jeli, nuget kelor, sayur bening. Anak-anak ini jelas ingin variasi di makanannya. Kita kalau dikasi monoton kan enggak mau," kata Nila. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaya zat besi

Bukan tanpa alasan kader posyandu Mandalasari membuat makanan berbahan kelor. Menurut salah satu kader, Dewi, kelor ini merupakan bahan makanan yang kaya nutrisi.

"Daun kelor ini bagus ya, kaya kalsium, ada zat besinya juga. Jadi ini baik untuk anak-anak, termasuk bagi anak yang kurang gizi," kata Dewi usai menerima kunjungan Nila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini