Sukses

5 Cara Memanfaatkan Air Lemon untuk Rambut

Air lemon bisa dimanfaatkan untuk mencegah ketombe hingga membuat rambut lebih tebal.

Liputan6.com, Jakarta Air lemon juga bermanfaat untuk merawat rambut. Kandungungan asam sitrat, zat besi, kalium , kalsium dan bahan aktif lainnya begitu bermanfaat untuk pertumbuhan rambut sertra mencegah rambut rontok, berminyak, ketombe dan masalah lainnya.

Ada berbagai cara untuk menggunakan cairan lemon bagi rambut, mulai dari membilas atau mengoleskan ke kulit kepala. Berikut caranya seperti dikutip dari Organic Facts, Selasa (15/4/2019).

1. Membilas rambut

Campur 1/4 cairan lemon ke dalam air hangat. Kemudian tuangkan air hangat yang sudah dicampuri air lemon ke rambut setelah keramas. Pijat-pijat lembut agar air lemon meresap ke dalam kulit kepala dan rambut. Lalu, bilas menggunakan air biasa hingga bersih.

2. Masker rambut

Untuk membuat masker rambut, campur 1 butir telur dengan air dari setengah air lemon, serta 1 sendok teh minyak zaitun. Minyak zaitun membantu 'meredakan' keasaman lemon. Aduk secara menyeluruh kemudian oleskan ke rambut Anda yang basah. Pastikan untuk menggosoknya melalui helai. Biarkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Keringkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Krim kulit kepala

Campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan 5 tetes air lemon. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan biarkan selama 1-2 jam atau semalaman. Bilas kulit kepala Anda di pagi hari secara menyeluruh.

4. Campur dengan gel lidah buaya

Kombinasi lidah buaya dan air lemon menjadi sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan ini dapat melindungi rambut dari kerusakan dan mengurangi ujung rambut yang bercabang.

5. Campur dengan madu

Campuran madu dan air lemon adalah cara efektif untuk meningkatkan kekuatan rambut, mengurangi sifat berminyak. Selain itu, membuat rambut jadi lebih berkilau. 

3 dari 3 halaman

Perlu Hati-Hati untuk Kulit Sensitif

Perlu diingat bahwa Anda harus hati-hati saat mengoleskan air lemon ke rambut. Kandungan di dalam lemon ini dapat menyebabkan kekeringan pada rambut dan menyebabkan iritasi pada kulit kepala jika berlebihan.

Itu sebabnya dianjurkan untuk mencampurkannya dengan minyak zaitun, gel lidah buaya, atau madu untuk mengurangi masalah pada rambut.

 

 

Penulis: Dara Elisabeth

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini