Sukses

Mengapa Pesan dari Mantan Bisa Merusak Mood?

Liputan6.com, Jakarta Pesan dari mantan dapat merusak mood Anda. Pesan tersebut dapat menggangu fokus Anda dan menimbulkan perasaan bingung dalam diri.

Anda juga dapat merasakan berbagai hal usai menerima pesan dari mantan. Seperti, cemas karena Anda tidak mengharapkan pesan tersebut, sedih karena Anda merindukan mantan atau ada harapan yang timbul karena Anda penasaran tujuan dari mantan Anda. Ketahuilah bahwa apapun yang Anda rasakan dapat memiliki dampak terhadap diri Anda.

“Sebuah pesan dari mantan dapat membuat Anda berpikir berlebihan dan bertanya-tanya maksud dari pesan tersebut. Penting untuk Anda peduli pada apa yang Anda rasakan. Jika pesan tersebut menimbulkan beban bagi Anda, biarkan hal tersebut terjadi. Setelah itu, rencanakan apa yang dapat Anda lakukan untuk memiliki hari yang lebih baik esoknya,” kata psikolog Joy Harden Bradford, seperti dikutip dari laman elitedaily.

Joy Harden Bradford menjelaskan bahwa pesan yang tidak diharapkan dari mantan biasanya bertujuan untuk mengetahui apakah masih ada perasaan untuk mantan, timbul permintaan untuk berhenti menghubungi, atau masih memiliki permasalahan terkait perpisahan. Hal ini dikarenakan menghubungi seorang mantan merupakan hal yang sulit.

 

2 dari 3 halaman

Diskusikan dengan orang yang dipercaya

Menurutnya, Anda mungkin akan tergoda untuk mendiskusikan permasalahan perasaan dengan mantan. Namun, lebih baik Anda mengatakannya kepada teman yang dipercaya atau terapis. Pembicaraan mengenai hal ini dengan orang yang Anda percaya justru akan memberikan waktu untuk merefleksikan permasalahan tanpa membuat bingung ata mungkin menyakiti mantan Anda.

Alasan lain pesan dari mantan bisa menjadi sangat berpengaruh dikarenakan pesan yang tidak disampaikan secara jelas. Terkadang pesan yang sampai memiliki tujuan tertentu. Hal ini jelas tidak adil secara emosional untuk Anda.

“Efek dari sebuah pesan yang datang dari mantan dapat berbeda, tergantung dari beberapa hal. Seperti perasaan Anda terhadap mantan, lama waktu sejak berpisah, seberapa sering bering berkomunikasi dan lain-lain,” Kata Joy.

3 dari 3 halaman

Jika pesan menimbulkan rasa terganggu

Jika Anda masih kesulitan saat menerima pesan tersebut, itu adalah hal yang wajar. Joy Harden Bradford menekankan bahwa bila hal ini menimbulkan masalah, Anda dapat memikirkan hal-hal baik yang dapat membuat mood Anda lebih baik esoknya. Anda juga dapat memikirkan batasan hubungan Anda dengan mantan.

Jika Anda tidak menganggap pesan tersebut mengganggu, Anda dapat mengatur kontaknya dalam fungsi “Do Not Disturb” sehingga pesan tidak muncul secara tiba-tiba. Namun, jika Anda tidak ingin dihubungi lagi, Anda berhak untuk memberitahu mantan untuk berhenti menghubungi Anda.

 

Penulis: Khairuni Cesario

Loading
Artikel Selanjutnya
Ngajak Balikan, Wanita Ini Nekat Pakai Baju Pengantin ke Nikahan Mantan
Artikel Selanjutnya
Tak Diundang Pernikahan Mantan, Wanita Ini Nekat Hadir Pakai Gaun Pengantin