Sukses

Gejala Paru-Paru Basah yang Harus Diwaspadai, Tampak Sepele padahal Berbahaya

Gejala paru-paru basah pun cukup beragam, mulai dari yang ringan hingga berat.

Liputan6.com, Jakarta Paru-paru basah ialah salah satu penyakit yang berbahaya dan harus diwaspadai. Penyakit paru-paru basah sendiri dalam dunia medis disebut dengan efusi pleura. Seseorang bisa terkena gejala paru-paru basah karena adanya infeksi pada paru-paru, baik itu salah satu atau keduanya.

Meskipun termasuk dalam penyakit yang cukup berbahaya, tetapi tetap saja ada cara untuk mencegahnya. Salah satunya tentu dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Selain itu, paru-paru basah pun dikenal pula sebagai penyakit pneumonia. Paru-paru basah ini dapat disebabkan karena adanya infeksi virus, jamur, atau bahkan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

Ciri-ciri serta gejala dari paru-paru basah pun cukup beragam. Mulai dari gejala yang ringan hingga berat. Oleh karena itu, kamu pun harus memahami dan mewaspadai gejala paru-paru basah yang mungkin menyerangmu ataupun anggota keluargamu.

Bukan hanya perlu mengetahui gejala paru-paru basah saja, kamu perlu harus tahu bagaimana cara pencegahan dari paru-paru basah ini. Kamu yang ingin mengetahui gejala paru-paru basah serta cara pencegahannya, Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber yang bisa kamu simak berikut ini, Selasa (12/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Paru-Paru Basah

Pada umumnya paru-paru basah disebabkan karena bakteri yang menyerang saluran pernapasan. Akan tetapi ada pula yang disebabkan oleh virus.

Gejala paru-paru basah sendiri bisa disembuhkan bila masih tergolong ringan. Akan tetapi, bila yang terserang gejala paru-paru basah ini anak-anak serta seseorang yang memiliki riwayat penyakit paru-paru lainnya tentu saja cukup berbahaya.

Berikut ini gejala paru-paru basah yang bisa terlihat secara langsung:

1. Nyeri pada dada dan batuk

Salah satu gejala paru-paru basah yang cukup dominan ialah adanya nyeri pada dada. Bahkan, bila kamu sedang batuk, nyeri pada dada ini pun bisa bertambah parah. Tentu saja bisa kamu mengalami nyeri pada dada, maka proses bernapas pun akan terganggu.

2. Batuk kering berkepanjangan

Ciri dari gejala paru-paru basah yang cukup umum ialah jika kamu terkana batuk kering namun dalam jangka waktu lama. Tentu saja mengalami batuk kering dengan jangka waktu yang lama akan sangat menyiksa. Jika batuk yang kamu alami telah berlangsung selama beberapa minggu, kamu perlu untuk memeriksa diri pada dokter.

3. Kesulitan bernapas atau sesak napas

Gejala paru-paru basah lainnya ialah kamu akan mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas terutama pada saat berbaring. Kesulitan bernapas ini pun bisa jadi efek dari batuk kering yang terus menerus terjadi. Bukan hanya mengalami kesulitan bernapas saja, akan tetapi tempo napas yang kamu ambil pun pendek-pendek atau sangat cepat.

3 dari 4 halaman

Gejala Paru-paru Basah

4. Demam tinggi dan sering berkeringat

Demam sendiri bisa timbul bila penyakit yang kamu derita disebabkan oleh inveksi virus. Hal ini memang gejala yang umum untuk dialami. Tapi tentu saja jika demam yang kamu derita cukup tinggi serta sering keluar keringat pada tubuh, kamu pun perlu mewaspadainya.

Bila demam yang kamu alami sudah tinggi ada baiknya untuk segara memeriksanya pada dokter ataupun klinik terdekat. Hal ini tentu saja agar kamu bisa mengetahui penyakit apa yang sedang menyerang. Sehingga penanganan pun bisa dilakukan sesegera mungkin.

5. Jantung berdebar

Jantung yang berdebar dengan cukup cepat dibandingkan biasanya pun cukup berbahaya. Hal ini terjadi karena jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

6. Mual dan muntah

Gejala paru-paru basah lainnya ialah kamu akan mengalami mual dan juga muntah. Selain itu, akibat terlalu sering mual dan muntah, maka nafsu makan pun akan turun secara drastis. Akan tetapi ada baiknya untuk tetap mengkontrol asupan makanan yang masuk pada tubuh.

7. Nyeri otot

Badan akan merasa pegal-pegal akibat dari nyeri otot yang dialami saat gejala paru-paru basah ini menyerang. Tentu saja ini bisa terjadi karena tubuh kamu akan merasa kaku saat aliran darah tidak berjalan dengan baik. Ini pun dikarena jantung yang berdebar karena harus bekerja lebih ekstra.

Jika kamu mengalami gejala paru-paru basah di atas sebaiknya segara periksa ke dokter. Apalagi jika gejala yang timbul datamg secara bersamaan. Karena bila tidak segera ditangani, maka gejala paru-paru basah tersebut bisa berkembang dengan sangat cepat.

4 dari 4 halaman

Pencegahan Paru-paru Basah

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam pencegahan paru-paru basah. Salah satunya ialah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Kamu bisa melakukannya dengan berhenti merokok serta mengurangi minuman yang mengandung alkohol. Selain itu tentu saja pola makan yang kamu jalani harus seimbang dan sehat.

Selain itu, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat pun bisa kamu lakukan dengan menjaga kebersihan. Hal ini dilakukan untuk terhindar dari bakteri serta kuman pada tubuhmu. Selain itu, agar penyebaran virus tidak merugikan banyak orang, saat kamu batuk ataupun bersin lebih baik untuk menutupnya hidung dan juga mulut dengan sapu tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini