Sukses

Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Kaya Serat dan Bisa Cegah Kanker

Liputan6.com, Jakarta Bayam adalah jenis sayuran yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bayam mempunyai banyak manfat bagi kesehatan. Sayur bayam sangat menyehatkan tubuh bila rutin dikonsumsi dalam bentuk tumis bayam, salad bayam, dan resep lainnya. 

Bayam mengandung sejumlah flavonoid, yang dikenal memiliki sifat anti-karsinogenik. Fungsinya untuk memperlambat pembelahan sel dalam lambung manusia dan mengurangi risiko kanker.

Bayam adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Adapun kandungan vitamin yang dimiliki bayam mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K.

Selain itu, mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Berikut manfaat bayam yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/3/2019).

2 dari 6 halaman

Kesehatan mata, tulang dan kulit

1.  Kesehatan mata

Selain wortel, manfaat bayam juga bisa menyehatkan mata. Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi kamu terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.

2. Kesehatan tulang

Rendahnya Asupan vitamin K dapat mengakibatkan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Manfaat bayam salah satunya mengandung vitamin K yang membantu menyerap kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat.

Oleh karena itu, konsumsi bayam cukup penting karena berfungsi sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh lewat urine.

Manfaat bayam untuk tulang juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia.

3. Kesehatan kulit

Vitamin A dalam manfaat bayam dapat meningkatkan kesehatan dengan memberikan retensi kelembaban yang tepat di epidermis, sehingga memerangi masalah kulit seperti jerawat, keriput, psoriasis dan sebagainya.

3 dari 6 halaman

Membantu imunitas, turunkan risiko kardiovaskular, dan kanker, serta menguatkan otot

4. Imunitas

Berkat kandungan manfaat bayam vitamin C, A, folat serta magnesiumnya, bayam dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Salah satu manfaat bayam adalah menurunkan risiko menderita penyakit kardiovaskular. Hal ini karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

6. Mengurangi risiko terkena kanker

Kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam, mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Sering mengonsumsi bayam, juga meminimalkan risiko munculya berbagai jenis kanker.

7. Menguatkan otot

Manfaat bayam sebagai antioksidan berkat faktor C0-Q10, yang memainkan peran penting dalam memperkuat otot, terutama otot jantung yang terus memompa darah ke seluruh bagian tubuh. C0-Q10 dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati banyak penyakit kardiovaskular seperti hiperlipidemia, gagal jantung, hipertensi, dan penyakit jantung koroner.

4 dari 6 halaman

Kandungan bayam yang bermanfaat

1. Kandungan serat dalam bayam tinggi

Kandungan serat yang tinggi pada bayam biasanya digunakan oleh pelaku diet untuk mencegah rasa lapar dalam waktu yang lama. selain itu juga serat dalam bayam baik untuk melancarkan saluran pencernaan.

2. Kalori dalam bayam cukup rendah

Semua orang tentunya mengetahui bahwa dalam diet kamu diharuskan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Kalori dalam bayam ini cukup rendah dengan serat yang baik untuk diet cukup tinggi.

3.  Kandungan karbohidrat dalam bayam

Karbohidrat dalam semangkuk sayur bayam sudah mencukupi kebutuhan karbohidrat kamu setara dengan kamu makan satu porsi nasi. Sehingga bagi kamu yang diet konsumsi sayur saja sudah mencukupi kebutuhan karbohidrat anda.

4.  Bayam kaya akan kandungan air

Selain karena karbohidrat, serat dan kalori dalam bayam, manfaat bayam juga kaya akan kandungan air. Sehingga dapat mencegah dehidrasi pada tubuh. tubuh tetap sehat dan kuat untuk melaksanakan aktivitas.

5 dari 6 halaman

Cara Mencuci dan Mengolah Bayam

Agar mendapatkan manfaat bayam yang maksimal, pastikan kamu memproses sayuran ini dengan benar.

· Belilah bayam yang segar untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi yang optimal.

· Sebelum memasak, cuci bersih bayam dengan benar. Pencucian ini bisa menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel pada daun dan batangnya.

Cara mencuci bayam yang benar adalah dengan direndam di wadah berisi air, lalu usap seluruh permukaannya. Setelahnya, keringkan dengan handuk bersih atau tisu. Bayam pun siap diproses.

·   Jika kamu tidak ingin langsung memasaknya, kamu bisa menyimpan bayam di wadah bersih dan kedap udara, lalu dinginkan di dalam kulkas agar kesegarannya terjaga.

·  Bayam yang belum sempat dicuci bisa bertahan hingga empat hari, jika dimasukkan ke plastik lalu disimpan di dalam kulkas.

· Selain memperhatikan cara mencuci dan menyimpan bayam, pastikan juga peralatan dapur terbebas dari kuman dan bakteri. Jangan lupa untuk selalu mencuci peralatan dapur serta spons pencuci piring dengan menggunakan sabun dan air, agar tidak terkontaminasi oleh bakteri dan kuman.

6 dari 6 halaman

Kandungan Nutrisi Dalam Bayam

Setiap jenis sayuran pastinya memiliki nutrisi yang baik di dalamnya, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dan dapat digunakan untuk menjaga kesehatan. Demikian juga dengan bayam, dalam 100 gram bayam, terdapat berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, diantaranya:

· 2,3 gram protein

· 3,2 gram karbohidrat

· 3 gram zat besi

· 81 gram kalsium

Beberapa kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk diserap oleh tubuh. Selain beberapa nutrisi bayam tersebut, bayam juga kaya akan vitamin, baik vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Bayam juga mengandung mineral, seperti niasin, thiamin, fosfor, ribloflavin, natrium, kalium, flavonoid dan magnesium.

Kandungan lain yang terdapat dalam bayam iyalah karotenoid. Kandungan gizi, vitamin serta mineral yang terkandung di dalam bayam, sangat baik untuk dikonsumsi dan diserap oleh tubuh.

Aksi Sekelompok Orang Pukul Buaya dengan Palu
Loading