Sukses

Pewarna Makanan Alami Ini Bikin Sajianmu Makin Sehat, Mudah Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Melihat aneka sajian makanan dan minuman dengan aneka warna memang lebih menggugah selera. Tapi jangan asal pewarna ya. Karena pewarna makanan alami lebih bagus dan menyehatkan. 

Sebaliknya, penggunaan pewarna makanan kimia yang digunakan dengan tak semestinya malah akan menimbulkan penyakit pada tubuh.

Buat kamu yang masih khawatir dengan penyajian makanan dan minuman aneka warna, kali ini kamu tak perlu khawatir lagi. Mulai saat ini, kamu bisa menikmati sajian makanan atau minuman dengan membuatnya sendiri di rumah. Dengan begini, kamu bisa memastikan sendiri penggunaan pewarna makanan yang digunakan.

Ya, kamu bisa menggunakan pewarna makanan alami untuk memberikan tampilan yang lebih enak dipandang tapi sehat. Tak hanya membuatnya menjadi makin cantik, pemberian pewarna makanan alami akan membuat sajiannya semakin sehat tentunya.

Ada pewarna makanan alami apa saja sih yang bisa digunakan? Kali ini, Liputan6.com, Senin (11/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa pewarna makanan alami yang sangat mudah ditemukan di dapur dan sekitar rumahmu.

2 dari 7 halaman

Pewarna Makanan Alami Oranye: Wortel

Wortel termasuk ke dalam umbi-umbian yang kaya akan vitamin A. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C. Selain itu, kandungan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium juga ada di wortel.

Sudah pasti sehat kan untuk dijadikan pewarna makanan alami. Untuk mendapatkan pewarna makanan dari wortel, cukup haluskan potongan wortel lalu peras hingga mendapatkan air ekstrak wortel yang berwarna oranye.

Lalu campurkan saja ke bahan makanan yang ingin kamu beri warna oranye.

3 dari 7 halaman

Pewarna Makanan Alami Kuning: Labu Kuning

Pewarna alami warna kuning tentu saja kunyit. Namun, selain kunyit, untuk mendapatkan warna kuning pada makanan, kamu bisa menggunakan labu kuning. Ya, labu kuning juga bisa dijadikan sebagai pewarna makanan alami.

Kamu hanya perlu menghaluskannya dengan blender. Kemudian peras labu kuning yang sudah halus untuk mendapatkan air ekstraknya.

Ya, labu kuning merupakan makanan rendah kalori dan tinggi serat. Labu kuning juga kaya akan betakaroten, vitamin A dan C, mineral, lemak serta karbohidrat.

4 dari 7 halaman

Pewarna Makanan Alami Ungu: Ubi Ungu

Masih dari golongan umbi-umbian, ubi ungu bisa kamu jadikan sebagai pewarna makanan untuk mendapatkan warna ungu. Cara mendapatkannya dengan menghaluskan dan mengambil air dari perasan ubi ungu.

Air dari ubi ungu dapat kamu jadikan sevagai campuran pada bahan makanan agar memiliki warna ungu yang menggugah selera. Tak hanya warnanya yang cantik, ubi jalar juga kaya akan nutrisi dan serat, Berkhasiat juga sebagai anti kanker bagi tubuh.

5 dari 7 halaman

Pewarna Makanan Alami Merah: Buah Naga Merah

Di saat musim buah naga tiba, kamu bisa banget menggunakannya sebagai pewarna makanan, loh. Warna merah magenta yang dimiliki oleh buah naga dapat kamu jadikan sebagai pewarna makanan.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan daging buah naga merah dengan blender, lalu campurkan dengan bahan makanan yang ingin diberi warna. Tak hanya dagingnya, kulit buah naga juga bisa diolah menjadi pewarna makanan. Caranya, hanya perlu menghaluskan kulit buah naga lalu ambil ekstraknya.

Memiliki pigmen antosianin yang kaya antioksidan dan kandungan serat yang cukup tinggi. Jadi enggak perlu ragu lagi untuk menggunakan buah naga sebagai pewarna makanan yang alami.

Stroberi

Untuk menjadikannya sebagai pewarna makanan, kamu hanya perlu menghaluskan beberapa buah stroberi. Kemudian saring untuk mendapatkan ekstrak dari warna tersebut. Kalau kamu ingin mednapatkan warna merah yang pekat, kamu bisa memanaskannya terlebih dahulu beberapa saat.

Selain memberikan warna yang cantik pada makananmu, kandunagn vitamin C yang sangat tinggi pada buah stroberi akan memberikan manfaat yang berlebih pada hidanganmu.

6 dari 7 halaman

Pewarna Makanan Alami Hijau Sawi dan Bayam

Tak hanya pandan saja yang bisa memberikan warna hijau pada sajian masakanmu. Kamu bisa mencoba alternatif bahan alami lainnya, yaitu sawi dan bayam. Kandungan klorofil dan serat yang cukup tinggi pada sawi dan bayam tentunya sangat baik untuk kesehatanmu juga, kan.

Nah, tak sulit untuk mendapatkan warna hijau dari sawi dan bayam ini. Kamu hanya perlu menghaluskan sawi dan bayam dengan blender. Kemudian saring untuk mendapatkan airnya saja. Ya, kamu dapat menggunakan hasil saringan sayuran tersebut sebagai pewarna makanan alami.

7 dari 7 halaman

Pewarna Makanan Alami Biru: Bunga Telang

Bunga ini merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat yang dapat kamu temui di pekarangan atau hutan. Ya, siapa sangka ternyata bunga telang ini bisa dijadikan pewarna makanan alami, loh.

Kamu hanya memerlukan beberapa bunga telang lalu remas atau haluskan. Sari dari bunga telang dapat kamu jadikan sebagai pewarna makanan. Selain itu, kamu juga bisa mengeringkan dan menyeduhnya untuk mendapatkan warna biru dari bunga telang ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Wisata Pulau Seribu, Destinasi Liburan Cantik Tak Jauh dari Kota Jakarta
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Terenak di Dunia, Ada yang dari Indonesia