Sukses

4 Cara Mengecilkan Perut Secara Alami, Lebih Aman dan Mudah Dipraktikkan

Mengecilkan perut butuh niat dan cara yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Perut buncit tak selalu dialami orang yang obesitas atau berat badan berlebih. Orang-orang yang memiliki berat badan idealpun bisa mengalami perut buncit. Tak dipungkiri, memiliki perut buncit sangat mengganggu penampilan. Baik cewek maupun cowok, pastinya berusaha sebaik mungkin agar terhindar dari perut buncit. 

Perut merupakan salah satu anggota badan paling elastis dan mudah melar. Lemak perut yang terus menumpuk bisa dibilang jadi masalah umum banyak orang. Hal ini dikarenakan perut merupakan komponen tubuh yang mempunyai elastisitas tinggi dan paling gampang berlemak.

Kebiasaan mengkonsumsi junk food, gorengan, makanan yang berlemak dan bersantan dalam jumlah banyak dan terus-menerus akan menyebabkan penimbunan lemak.

Pada dasarnya punya tubuh yang langsing dengan perut ramping merupakan impian semua orang. Namun, tak semua orang bisa memiliki perut yang indah seperti itu. Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang berantakan merupakan faktor utama yang dapat mengakibatkan perut menjadi buncit.

Berikut Liputan6.com rangkum cara mengecilkan perut secara alami, Rabu (27/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cara mengecilkan perut secara alami dengan ubah kebiasaan makan dan masak sendiri.

Jika seseorang makan dalam porsi banyak dalam satu waktu bisa menyebabkan gagalnya lemak menjadi sebuah energi yang akhirnya menumpuk dalam tubuh. Jika hal itu berlangsung terlalu lama dan tak diatasi, bisa mengganggu kesehatan, yang menimbulkan beberapa penyakit.

Kamu bisa makan sesering mungkin, namun tidak perlu banyak-banyak. Lebih baik makan dengan porsi sedikit tapi sering, dari pada porsi banyak sehari sekali. Atau cobalah makan masakan sendiri. Dengan memasak sendiri, kamu bisa memilih makanan-makanan sehat.

Kamu bisa melakukannya secara perlahan dengan memilah makanan-makanan mana yang sehat dan mana yang tidak. Itu sebabnya kamu lebih baik masak sendiri. Untuk mengecilkan perut, artinya kamu harus menyingkirkan lemak-lemak yang menumpuk di perut, caranya dengan mengikuti diet secara sehat dan seimbang.

3 dari 5 halaman

2. Banyak minum air putih dan Istirahat yang cukup.

Tubuh sangat membutuhkan cairan. Jika kamu mengonsumsi air putih secara teratur, akan menjadi solusi terbaik untuk mengecilkan perut dan ini bisa kamu lakukan saat ini juga. Ada baiknya, kamu minum sehari 8 gelas. Hal ini bertujuan untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Racun-racun tersebut akan dilepaskan melalui urin.

Manfaat lain adalah, dengan kamu banyak minum, hal ini akan membantu kamu untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan atau ngemil. Selain itu janganlah terlalu suka begadang. Orang yang suka begadang, sangat bersar berpotensi perut buncit.

Hal ini dikarenakan, jika kamu begadang, kamu pasti merasakan lapar di tengah malam. Selain itu, jam tidur yang tidak teratur atau kekurangan tidur akan merangsang produksi hormon ghrelin, yaitu hormin rasa lapar.

Kalau sudah begini, kamu pasti tidak akan sanggup untuk menahannya dan memilih untuk makan. Mulai serakarang, untuk mengatasi perut buncitmu, ada baiknya tidurlah 6-8 jam sehari.

4 dari 5 halaman

3. Cara mengecilkan perut secara alami dengan rutin berolahraga.

Beberapa kegiatan latihan fisik bisa kamu lakukan di pagi hari sebelum beraktivitas. Misalnya seperti sit up, aquat dan lari pagi. Membiasakan diri untuk lari pagi, akan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kamu hanya perlum melakukannya sekitar 30 menit setiap paginya. Tidak hanya lari, kamu juga bisa memilih jalan kaki untuk sekedar berjalan-jalan di sekitar kompleks tempat tinggalmu.

Selain itu olahraga lainnya yang bisa kamu coba agar bisa mengecilkan perut secara alami adalah Ball Crunch merupakan jenis olahraga yang menggunakan bola besar sebagai tumpuan utamanya. Caranya, dengan melakukan gerakan sit up di atas bola besar tersebut.

Sebenarnya banyak olahraga lainnya yang bisa kamu coba untuk mengecilkan perut secara alami seperti berenang, lompat tali, bersepeda kurang lebih 30 menit, dapat membakar 300 kalori dan naik turun tangga serta masih banyak olahraga lainnya.

5 dari 5 halaman

4. Cara mengecilkan perut secara alami dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah segar

Ada banyak buah-buahan yang bisa mengecilkan perut secara alami, diantaranya : Semangka yang memiliki kemampuan detoksifikasi yang baik untuk mengatasi perut buncit. Mentimun juga memiliki 96 persen air dan hanya 45 kalori. Ini sangat membantu kamu dalam mengecilkan perut.

Tomat mengandung 33 kalori dan menyimpan 9-oxo-ODA yang mampu mengurangi lipid dalam perut. Hal ini akan mampu mengendalikan lemak dalam perut. Alpukat memang mengandung lemak, namun kandungan lemak pada alpukat, dapat membantu kamu untuk kenyang dalam jangaka waktu yang cukup lama.

Sedangkan jenis sayur yang bisa mengecilkan perut diantaranya : Bayam yang dapat membantu untuk proses pengecilan tubuh, karena bayam mengandung antioksidan yang tinggi. Buncis yang mengandung antioksidan sehingga mampu menurunkan volume lemak pada tubuh. Serta banyak jenis sayur dan buah buahan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini