Sukses

Makan Hidangan Penutup Justru Bantu Berat Badan Turun, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang menurunkan berat badan, umumnya orang akan mengurangi porsi makan dan menghindari cemilan. Tapi, studi yang dimuat dalam Journal Experimental Psychology: Applied menunjukkan bahwa mengonsumsi cemilan atau lebih tepatnya hidangan penutup justru efektif menurunkan berat badan.

Manfaat berkurangnya berat badan dari melahap hidangan penutup baru akan didapat bila Anda mengonsumsinya dengan aturan tertentu. Bukan dengan mengurangi porsi, melainkan memakannya di awal, bukan di akhir waktu makan, seperti dilansir dari laman Times of India.

Studi yang melibatkan 134 mahasiswa serta staf sebuah fakultas di University of Arizona ini mengungkap, makan hidangan penutup yang menggugah selera di awal waktu makan akan membuat orang merasa cepat kenyang.

Para partisipan yang baru memakan menu makan malam mereka usai menyantap hidangan penutup ternyata makan dengan porsi lebih sedikit. Bahkan hanya dengan mengetahui bahwa mereka akan makan makanan manis sudah cukup membuat perubahan perilaku pada para patisipan.

Dalam studi tersebut, para partisipan diberi 4 pilihan hidangan penutup saat makan siang. Menunya antara lain buah-buahan, cheesecake lemon, serta buah dan cheesecake.

Sektiar 70 persen partisipan memilih mengonsumsi cheesecake lemon lebih dulu. Mereka lalu menlanjutkan dengan menu makan siang sehat dibandingkan mereka yang memilih makan buah sebelum makan siang.

Sementara para artisipan yang makan cheesecake setelah makan siang mengonsumsi sekitar 150 kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang mengonsumsi cheesecake di awal.

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Gunakan trik untuk turun berat badan

Para peneliti menemukan, alasan mendasar dari kondisi tersebut. Menurut para peneliti, bila Anda makan makanan sehat lebih dulu, Anda akan cenderung tetap ingin mengonsumsi hidangan penutup yang manis. Tapi bila Anda sudah memenuhi keinginan mengonsumsi makanan manis di awal, maka otak akan cenderung memilih hidangan yang lebih ringan dan sehat secara tak disadari.

Perlu diingat, studi ini bukan menyarankan Anda untuk selalu mengonsumsi makanan manis lebih dulu setiap hari. Melainkan lebih mencermati strategi penurunan berat badan dan makan sehat. Mengonsumsi hidangan penutup nan manis secukupnya juga bisa membantu Anda mengatasi keinginan makan berlebih.

Presiden Jokowi Menerima Pimpinan Forum Betawi Rempug di Istana Bogor
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, Agar Bisa Tampil Ideal dan Sehat
Artikel Selanjutnya
Benarkah Berat Badan Bisa Bertambah Karena Kurang Tidur?